Saturday, April 27, 2013

Cara Menutup Polis Asuransi AXA Mandiri

Setelah saya merasa asuransi AXA Mandiri yang saya miliki tidak terlalu berguna, maka saya berniat untuk menutup polis saya. Walaupun saya tau bahwa uang yang sudah saya setorkan tidak akan kembali utuh karena banyak terpotong untuk biaya asuransi saya daripada biaya pengembangan investasinya, saya ingin berhenti saja. Sebenarnya pengajuan penutupan polis bisa dilakukan di Bank Mandiri mana saja, namun saya langsung ke kantor pusat AXA Mandiri di gedung AXA Tower di lantai GF (lantai dasar), di jalan Prof. Dr. Satrio, kuningan city. Atau di sebelah mall Ambassador.

Persyaratannya cukup mudah (bila tertanggungnya adalah diri sendiri):
  1.  Bawa buku polis asli
  2.  Bawa fotocopy KTP yang masih berlaku, sebenarnya hanya bawa KTP asli juga bisa, nanti mereka yang akan membantu fotocopy
  3. untuk lebih aman, bawa fotocopy buku tabungan dimana nanti dananya akan ditransfer ke rekening buku tabungan ini.
Disana, nanti akan mengisi formulir termasuk salah satu kolomnya adalah  nomor rekening dimana dana kita akan ditransfer. Selain itu petugas juga akan bertanya alasan mengapa menutup polis, tetapi saya kira ini hanya membutuhkan jawaban basa basi saja.
Nah, bila tertanggung adalah orang lain, misalnya anak, maka harus ditambahkan dengan fotocopy akta kelahiran si anak tersebut, plus mungkin perlu fotocopy kartu keluarga.

Setelah pengisian formulir dan pemberian berkas berkas selesai, petugas menjanjikan dananya akan masuk sekitar 14 hari kerja (kalau saya tidak salah). dan dananya masuk ke rekening saya sebelum dari batas waktu maksimal yang dijanjikan. Demikianlah hubungan saya berakhir dengan asuransi AXA Mandiri.

154 comments:

  1. saya mau nanya sedikit sama pak alex, kalau kita berhenti dari axa mandiri, dana yang sudah di potong itu apakah dkembalikan lagi ? apa tidak ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. dana yang sebelumnya kita setor tersebut sebenarnya dialokasikan untuk dua area yaitu asuransi dan investasi. Yang bisa kita tarik kembali adalah investasi, sementara untuk asuransi akan hangus.
      Yang perlu diperhatikan adalah di tahun tahun awal, setoran ke asuransi itu jauh lebih besar dibanding dengan investasi, sementara dana pengembangan hasil investasi belum terlalu besar di tahun tahun awal.
      Itulah sebabnya kita hanya mendapatkan dana lebih kecil dibanding yang sudah kita setorkan bila menutup polis di tahun tahun awal.
      Keuntungan dari progam ini di tahun ke 10 dan seterusnya karena ini merupakan investasi jangka panjang.
      Semoga membantu.

      Delete
    2. Jd makin mantap utk menutup asuransi axa mandiri saya neeh. Pertama, klo berfikir utk investasi. 10 taun waktu yg sangat lama utk bep. Kedua, kita tidak mendapatkan apa2 dr asuransi yg kita miliki setelah selesai masa kontrak padahal uang yang telah kita setor besar sekali. Masak kita nya harus dimatiin dulu supaya nilai pertanggungan dr asuransi jiwa kita cair?

      Delete
  2. tekad saya jg sudah bulat untuk menutup polis axa mandiri saya dan anak saya, polis sudah berjalan 2 tahun, saya baru sadar setelah mengecek saldo rupanya hanya 20 % dari total yg selama ini sudah saya byr tiap bulan. kalo di cek dana yg akan hilang nanti setelah ditutup adalah 32 juta. mending saya rugi sekarang daripada rugi terus. well, itu pelajaran yg sgt mahal buat saya dalam memilih asuransi. jangan pernah membeli asuransi jiwa yg digabungkan dengan embel2 investasi, bullshit bagi saya. klo mau asuransi jiwa pilih yg bener2 murni untuk jiwa spt termlife, untuk investasi dipisahkan untuk yg benar2 buat investasi seperti reksadana saham yg untuk jangka panjang akan terasa jauh menguntungkan. untungnya saya juga mengalokasikan dana untuk berinvestasi di reksadana, yg gainnya 50% lebih selama 2 tahun. saya anggap aja di axa saya loss setengahnya dari keuntungan direksadana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf numpang tanya, klo bru 1 thun di tutup aung yg sudah masuk bsa kembali gak ya

      Delete
  3. klo 2 tahun 500/bln kr2 klo diambil brp lagi sisanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentunya saya tidak bisa menghitungnya mas...
      tapi mas bisa coba menghitung dari surat yang diterima per 3 bulan dari axa.

      Delete
  4. Salam kenal pak alex, saya mau tanya jika saya tidak punya buku polis asuransi dari pihak axa bagaimana pak?
    Sebab tahun lalu saat menawarkan asuransi kpd saya melalui telemarketing mereka. Dan mereka bilang setelah pengaktifan, pihak axa akan mengirimkan bukti polis ke alamat yg saya berikan paling lambat 2 mggu. Tapi sampai saat ini pun saya belum menerima apapun dari axa...

    Mohon pencerahannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanyakan saja ke mereka Pak. Mungkin saja buku polisnya memang masih dipegang pihak axa.

      Delete
  5. Saya baru 2 minggupak. Untk pembatalan gmana pak?
    Trmksh

    ReplyDelete
  6. Sy dr 2007 ikut axa , skrg masuk thn ke 7.uang premi 350 rb sy klo dhitung ±27 juta ..taunya skrg 19 jt an ..masih blm BEP az minus 8 juta .....konfirmasi terakhir katanya harga unit terjun bebas , bego amat orang AXA .. Malah di suruh invest lg mpung harga unit lg murah ,, males bgt dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ga salah tahun ke-10 baru bep pak... males memang...

      Delete
    2. setahu saya namanya investasi memang kalau unit sedang murah ya kita beli lagi alias invest lagi..

      Delete
  7. Permisi, saya nasabah baru yang belum 1 tahun kepesertaan nya. Dan baru 3 bulan rekening saya didebet untuk axa, nah saya mau menutup axa saya. Apakah bisa karna belum 1 tahun masa kepesertaan saya, untuk dana yang diberikan seberapa besar yang saya terima. Mohon pencerahannya. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetap saja sudah dipotong dengan biaya untuk asuransinya mas.

      Delete
  8. Kalau saya baru satu tahun, koq klo dipikir jadi males juga ikutan axa ini. Mana langsung di potong 6jt/thn diawal. mba yang nawarin ksh iming2 klo langsung bayar 1thn, lebih menguntungkan (lama2 baru tau klo sebenernya sma aja).

    ReplyDelete
  9. saya juga ikut asuransi beasiswa anak sudah 4 thn.tahun pertama preminya 1juta per bulan.pas saya mau berhenti kata nya saya cuma dapat 2jutaan gitu.masak 12 juta cuma dapat segitu.terpaksa saya nyambung lagi.cuman preminya dikecilkan jadi 350/bln.saya sebernanya ingin berhenti saja.tapi takut uang saya berkurang.emangnya cari duit gampang apa.gimana menurut pendapat bapak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau menurut saya, karena bapak sudah menjalaninya 4 tahunan, sayang bila putus ditengah jalan. tinggal menunggu 6 tahun lagi, sudah mendapat bonus.

      Delete
    2. Apakah masih bisa membatalkan sedangkan polisnya belum datang? Saya baru kemarin mendaftar dan nampaknya saya akan membatalkannya saja. Tolong infonya ya. Makasiih

      Delete
  10. Dear mas alex,,
    saya ingin tanya jka saya sudah terdaftar sebagai nasabah axa mandiri selama 3bulan dan smpai skrng belum dpt buku polis apakah saya ttp dpt menutup axa mandiri saya??untuk saat ini saya sudah tlp dan mengetahui nomor polisnya yg diberikan oleh CS axa mandirinya sndiri..
    dan saya berencana ingin mendatangi kantor mandiri terdekat kantor yang bisa mengurus penutupan axa mandiri (krna saya tlp katanya semua cabang mandiri dapat melayani penutupan axa mandiri)..
    mohon bantuannya..terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. seharusnya tetap bisa menutup polisnya.
      lebih baik langsung ke kantor pusat axa mandiri saja mas...

      Delete
    2. sayangnya kantor saya sangat jauh mas ke kantor pusat axa..kmren saya sudah tutup by phone dan secara ada perakamnya sih kaya di rekam untuk penutupan gitu..tpi seperti yg saya baca ada yg sudah tutup polisnya tpi masih jalan pemotongan auto debet dan harus klaim..jdi saya langsung menanyakan bagaimana itu jika terjadi pada diri saya..kata CSnya nggk akan terjadi,,jika terjadi bapak bisa klaim ke kantor pusat dan akan diganti uangnya..saya menutup axa krna ada kebutuhan lain yg lebih penting(pengen KPR Rumah soalnya :D )ya mari kita tunggu 14 hari kemudian saya akan berpura2 tanya apakah polis saya sudah di tutup atau belom..dan kalo menurut saya tergantung mendapatkan CS saat kita tlp jika baik dan sopan pasti enak cara kita minta tolong ttp asuransi axa kita, tpi jika dpt yang judes/muterr2 ngomongnya kenapa hrus ditutup itu yg buruk atau apes buat kita(tkt dipersulit penutupan polisnya) lebih baik di tutup dan tlp beberapa jam lgi saja..hehehee

      btw thx mas alex boleh curhat dan berbagi cerita dengan yg lain..GBU

      Delete
  11. Dear mas alex,
    saya dari bandung ikut axa mandiri via telemarketing yg di jkt, dah jalan ampir mo 2th lancar pembayaran asuransi tpi karena alasan finansial saya tdk bisa continue untuk byr asuransi tsb per bulan skr, yg jdi pertanyaan bisakah kita minta temporary pembayaran di tunda dulu sampai kondisi finansial kita kembali normal ke pihak axa mandiri cabang??
    mohon pencerahanya..terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ditunda dulu saya kurang tau mas.. tapi kalo perubahan biaya pemotongan sepertinya bisa diakomodasi mereka.

      Delete
    2. Dear Mas Alex,
      Setelah saya coba confirm ke axa ternyata klo slama 3 bln pendebetan gagal otomatis akan langsung terjadi penutupan asuransi & saldo yang sudah masuk akan hangus...hmm ko asuransi seperti ini ya tidak ada toloeransi samasekali....

      Delete
  12. Dear mas Alex
    saya sudah 2thn ikut AXA mandiri telemarketing di Balige, dengan potongan langsung dr Rekening per bulan 350rb, jd setelah saya hitung selama 2thn sekitar Rp.8.400.000,-
    jd klw saya tutup di 2thn ini yg saya trima sebesar 8.400.000 itu ya Mas? atau malah berkurang yah..
    klw memang berkurang bgus saya pindah asuransi aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari pertanyaan saudara Rico, sebenarnya sudah benar benar memahami produk asuransi AXA tidak sebelum mendaftar 2 tahun lalu?

      Delete
    2. saya sarankan.. untuk mas rico.. lebih baik, hub langsung agency yang menjadikan anda nasabah. itu akan lebih jelas.

      Delete
    3. Ternyata nasib kita sama lae rico.saya juga nasabah axa mandiri balige yang terpedaya agen axa balige.sudah 2 tahun dari rek saya diauto debet 350.000 / bulan. sampe sekarang saya cek saldo hanya 1,9 juta rupiah.saya bingung mau menutup takut potongn besar.tidak ditutup sepertinya axa mandiri tidak memberi manfaat bagi saya.saldo tidak berkembang artinya manejer investasi yang mengelola dana tsb tidak cakap.bingung jadinya...(terpedaya agent axa )

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. pak alex klo menurut bapak asuransi pendidikan buat anak bagus nya pake asuransi apa pak ?
    mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  15. Dari comment2 di atas, permasalahannya adalah seringkali nasabah tidak diberi tau oleh si agen penjual bahwa dari dana yang dipotong tiap bulan hanya 20% yang diinvestasikan pada tahun pertama, 40% pada tahun ke-2 dst..sehingga sebelum 5 tahun akumulasi saldo investasi tidak akan berjumlah100% dari dana yang telah dipotong per bulan..alias berkurang.

    ReplyDelete
  16. Saya nasabah axa sudah 3 tahun berjalan dana yg saya invest + asuransi adalah 200 jt, di tahun ketiga ini saya semakin yakin axa tidak memberikan keuntungan apa apa karena saldo yg saya cek terakhir adalah sekitar 150 jtan.. dan saya berniat menutup polis saya karena saya pikir tidak ada keuntungan apa2 selain janji manis. terimakasih

    ReplyDelete
  17. Dear Mas Alex, Saya nasabah axa yang sudah 2 th dari 5 th kepesertaan di asuransi kesehatan..setelah saya cek apabila mau berhenti ditengah jalan dana yg saya sudah setor akan hangus dan itu bukan uang sedikit. yang jadi pertanyaan saya adalah :
    1. Apabila saya claim dahulu setidaknya sampai mendekati jumlah dana yang sudah saya setor apakah tidak akan bermasalah??
    2. Apabila saya claim karena asuransi untuk saya & 2 anak langsung di bulan yang sama apakah tidak bermasalah juga??
    Mohon pencerahan Mas Alex karena ternyata setelah melihat postingan diatas asuransi axa lebih banyak merugikan clientnya dibanding membantu..terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya klaim bagaimana ya Bu? Kalau klaim biaya kesehatan sudah ada ketentuannya.

      Delete
    2. klaimnya ya u/ biaya kesehatan Mas, memang ada ketentuan tpi bila dalam 1 polis tertanggung ada 3 orang & klaimnya dibulan yang sama untuk ke 3 orang tsb apakah bisa? soalnya saya mau tutup kalo klaim yg saya ajukan sudah bisa mendekati dana yang saya angsur selama ini. Terima kasih

      Delete
    3. ibu ashmar... ibu,, ini adalah asukaransi.. bukan bank,, kalo misalkan uang asuransi bisa ibu ambil semuanya, apa bedanya dengan menabung di bank ibu,, asuransi memberikan syarat untuk melakukan klaim, misalkan tertanggung mengalami ato terkena resiko yang di asuransikan,,, baru bisa kita klaim. yang namanya,, asuransinya bu.

      Delete
  18. Mas Alex, apabila setelah Klaim terus kita lanjutkan lagi asuransinya lalu pada saat klaim lagi di tahun yang sama apakah masih tetap bisa? Mohon dibantu Mas

    ReplyDelete
  19. kalau dijelaskan dari awal bahwa nasabah baru bisa mulai merasakan keuntungan setelah tahun ke 10, saya tdk akan bergabung dgn axa mandiri. karena sewaktu prospek agennya bilang fleksibel bisa diambil setelah tahun. Gimana sy mau ambil kl tahun pertama dana sy cuma 20%, krn yg 80% utk bayar premi. dan kl sy tutup tahun pertama sy gak dpt apa2 krn biaya2 & pajak 20%. nyesel berat ikut axa mandiri....

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang yang anda, daftarkan itu kategori jenis asuransi, ap kategorin jenis inveatasinya,,.. .

      Delete
  20. kalau ga salah memang dijelaskan baru tahun ke 10 atau ke 14 baru bisa kembali uangnya... cuma yang ga kepikiran sampe umur 99 tahun itu bayarnya hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kategory jenis ap.. asuransi,a ap jenis investasinya,,
      klo yng ivestasinya, cukup sampai di tahun ke sepuluh,, pihak teranggung tidak lagi mengasur preminya. tinggal menunggu hasil saham,, kalo lagi bagus ya sukur,,,,
      kalo yang sampi usia 99 tahun tetep angsur premi itu kategori ap ya

      Delete
    2. Saya nasabah axa sudah hampir setahun dengan premi 250 juta pertahun dalam jangka waktu 4 tahun ditahun ketiga ada cuti premi katanya,saya berencana tutup polis ditahun kedua apallagi uang saya tinggal 171 jutaan itupun masih kepotong 20 persen tinggal 34 juta,,apakah saya benar klo saya tutup polis walaupun saya tau rugi besar?mohon penjelasan nya

      Delete
    3. mungkin penjelasan saya bisa bantu,, setahu saya bukan harus bayar sampe usia 99 tahun melainkan perlindungan jiwa nasabah sampai 100 tahun..
      kalo pun mau cuti premi di tahun ke 10 atau 20 tidak apa apa kok..
      semoga membantu

      Delete
  21. Sama.... saya juga akan menutup asuransi saya di AXA. Saat ini saya akan mengurus penghentian dana top up ( Investasi ) dengan tetap membayar premi dasar saja sulit minta ampun. Dipersulit. Stress saya. Lebih baik saya tutup saja daripada saya nanti mati meninggalkan masalah untuk anak anak saya.

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. selamat malam pak Alex saya mau tanya sebenar nya menguntungkan ga sih di axa

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang perlu diperhatikan adalah ini bukan full investasi...tetapi investasi + asuransi kesehatan...
      jadi uang yang kita setorkan itu dibagi untuk investasi dan juga asuransi kesehatan... jumlah pengembangan uang hasil investasi akan lebih besar daripada jumlah setoran setelah memasuki tahun ke 10 dan seterusnya... terkadang ini tidak dijelaskan mendetail oleh pegawai axa dan kita juga tidak teliti membaca pasal pasalnya sehingga akhirnya kita merasa dirugikan.

      Delete
    2. mungkin salah satu faktornya bukan hanya karna kita tidak teliti membaca pasal pasalnya sehingaga akhirnya kita merasa dirugikan, tapi dari pihak agensy ny juga yag sengaja tidak menjelaskan secara menditail, dengan tujun mereka mendapatkan nasabah, itu.

      Delete
  24. di pasal cuma disebut akan mendapat loyalty bonus setelah 10 tahun, trs apa gunanya kita diberi ilustrasi manfaat ya? kok jd seperti jebakan...dan nggak ada gunanya itu meski sy minta dijilid bersama sama polis. Karena itu sama sekali tidak menggambarkan perkembangan investasi kita

    ReplyDelete
  25. Mas, saya mau tanya, saya baru 3 bulan ikut Axa mandiri tp kayanya saya mau segera menutup nomor polis saya, bila saya setiap bulan di autodebet sejumlah 1 jt, kalau saya tutp apakah akan kembali sesuai lamanya kita di autodebet, mohon pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas aziz... begini mas, di dalam asuransi,, axa, ini investasi + kesehatan,, jadi kalo memang mas ingin menutup polis, alias out.. dana yang masuk kemungkinan tidak bisa kembali,, apalgai baru 3 bulan,, yang pasti,, dana tersebut, sudah terpakai untuk biaya asuransi, pajak, administrasi dll, itu kemungkinan yang akan dikeluarkan pihak axa sebagai alasan,,,

      Delete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. Sy sdh 5 thn ikut axa,setoran perbulan 500rb,swaktu sy ♏àƱ tutup polis ini,alangkah trkejutnya dana yg semula sy kira 30jt yg tlh sy setorkan telah berkurang jd 21jt lbh.setahu sy dl FA nya tdk infokan lbh detil,kira2 menguntungkan tidak ya kl sy lanjutkan dengan harapan akan menguntungkan?mhn pnjelasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lanjut saja mas..
      axa adalah asuransi kesehatan + investasi,, jadi jangka panjang, kita menikmatinya,, jika lima tahun,, itu masih kepotong biaya asuransinya entah berapa persen,, yang jelas agensynya lebih tau,,
      lanjut aja mas..

      Delete
  28. kl boleh sy tambahkan, 21 juta itu saldo anda, tp kl tutup polis beneran dan anda tarik seluruhnya...uang yg anda terima masih jauh di bawah itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk penjelasannya bagaimana,, hingga bisa demikian,,
      trimaksih

      Delete
    2. dear aimee
      maaf.. kalau cek saldo 21 juta, ketika kita tutup yang masuk ke rekening bisa dibawah 21 juta atau diatas 21 jutanya tp yg pasti angkanya tidak akan jauh. kenapa? karena harga unit pada saat penutupan polis sangat berpengaruh.
      dan setelah 5 tahun untuk penarikan, penutupan sudah tidak ada potongan pajak lagi.
      semoga bisa memberi pencerahan.

      Delete
  29. 21 jt itu saldonya.jd apa yg harus sy lakukan? Apakah kl sy lanjutkan jg uang sy akan tambah bnyak? Minimal uang yg sy setorkan tdk hilang bnyk?sedih sekali Ɣª,uang tabungan sy malah axa ambil???....haram itu...kemana sy harus mengeluh??...

    ReplyDelete
    Replies
    1. manngkanya,, sebelum ikut perusahaan asuransi,, pahmi betul mekanisme kerjanya,,,
      anda jangan hawatir,, perusahaan asuransi tidak akan sejahat itu,, itu bukan di ambil,, jika anda cek saldo anda berkurang, itu dikarenakan, /bulan, ketika anda mengansur premi asuransi, itu langsung kepotong biaya asuransi,,
      positif thingking,, dan tanyakan lebih jelasnya sama agency anda. yang menarik anda menjadi nasabahnya

      Delete
    2. Positif thingking duit ga kembali kalo tutup polis udh pasti.

      Delete
  30. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  31. Setelah saya baca postinga di atas saya jadi ragu untuk meneruskan axa, jdi klo begitu kita jangan berharap dana kita kembali utuh meski di polis tercantum uang akan kembali 100% apabila tidak ada claim selama 5thn kepesertaan?? Trus apakah benar cara yang akan saya pakai agar tidak terjebak terlalu lama membayar asuransi karena saya baru masuk thn ke 2 & biar uang kita bisa kembali meski tdk full adalah harus CLAIM setelah cair baru bisa kita tutup..?? mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya nasabah axa juga yang ikut polis yang sama nampaknya,
      betul kalo tidak ada claim 5 tahun, dana kembali 100% tentunya tanpa pengembangan investasi. karena ini murni asuransi kesehatan.
      saran saya tetap lanjutkan pembayaran premi dan jangan klaim kalo memang mau dananya kembali 100%, karena apabila kita klaim, maka klaim kesehatan sesuai plan yang kan dibayarkan axa.
      Regards

      Delete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. Saya nasabah axa yang baru berjalan selama 8 bulan dengan menyetor uang sejumlah 100 juta, untuk jk waktu ke pesertaan selama 5 tahun. Kemarin cek saldo saya tinggal 72 juta. Mohon pencerahannya, apakah saya hrs berhenti dari axa ? mengingat kondisinya demikian, merugikan saya. Apalagi saya sdh tidak bekerja lagi, karena ada pengurangan pegawai di kantor saya. Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  35. waduh ngerinya....
    Sy sdh 10 bulan jadi nasabah axa mandiri dgn setoran per bulan Rp 1 juta tujuannya untuk investasi dgn jangka waktu 5 tahun. dijelaskan dari CS klu untuk investasi 80 % dan asuransi kesehatan 20 %. membaca semua keluhan di atas sy jadi ragu. apa iya ketika selesai tahun ke lima saya klaim, bisa mendapatkan dana investasi sy sesuai harapan? apakah bertambah, stagnan atau malah berkurang dan mengecewakan?

    ReplyDelete
  36. axa mandiri sedang kejar setoran dana kelolaan dgn cara yg tidak fair....sudah gitu uang nasabah trs menerus terkeruk scr agresif entah sampai kapan. Sy mau ambil uang sy yg 50 juta (yg skrg dlm 1,5 tahun mlorot jadi 40 juta) masih mikir panjang. Harapannya uang akan kembali...tapi apa mungkin kalau jumlah unit saya saja sdh berkurang 15.000 ribu lebih dlm kurun waktu 1,5 tahunan karena potongan biaya2 yg tdk sedikit, plus harga unit yg cenderungnya turun terus. Sy jg nggak ngerti bagaimana itung2annya kok jumlah unit saya bs berkurang dari awalnya 312.494,0028 unit (pd tgl 3 Mei 2012) jadi skrg tinggal 295.641,9869 unit saja (6 Nov 2013). Pertanyaannya ...masihkan mungkin uang sy bisa berkembang di tahun2 kedepan? atau malah berkurang terus menerus...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. dear aimee,,
      sekedar info untuk biaya seperti biaya akuisisi, biaya insurance itu diambil dalam bentuk unit seprtinya mba..
      pastikan pelajari polis kembali mba, karena yg mba ikuti itu program unit link bukan reksadana. otomatis ada alokasi untuk proteksi mba..

      Delete
  37. mudah ternyata ya, baiklah akan saya tutup polis saya. cuma menambah pengeluaran saja. mencekik keuangan yang tidak seberapa.

    terima kasih infonya pak.

    ReplyDelete
  38. Ikutan nanya,saya baru 6bln ikut axa, tp sy sudah bayar preminya langsunb 1th, per bulannya 350x12:4.200.000. Klo sy ttup skrg kira2 dihitung 1th apa 6 bln y,?mksh

    ReplyDelete
  39. Tahun ke-7 nilai investasinya berkmbang 100% , ultah polisnya setiap Juli , skrg Desember nilai yg sy setor sdh 2 jutaan lebih .. tetep az kagak berkembang malah rontok 2 juta per desember ini ...
    Petugas axa di bank mandirinya. Ganti baru terus lagi ..cemen .
    sy taw bep nya pertama kali masuk 6 thn , trs sdh nlewat 6 th petugasnya bilang 8 tahun ..ada yg bilang lg skrg 10 tahun .
    Selama 7 tahun jd nasabah axa belum pernah dapat sesuatu layaknya mitra bisnis , selain sms maw debit trs sdh debit ...
    Rekeningkoran az musti diminta
    Sy maw nanya jg bingun ..saldonya tekorrrrr kor kor .
    Sebenarnya axa bisa buat happy kita nasabahnya gak sih ...
    Ah ,

    ReplyDelete
  40. Kalau kita melakukan clain untuk asuransi kesehatan, apakah tidak mempengaruhi nilai investasi kita yang sudah disetorkan ? Apa pengelolaan asuransi dan insvestasi terpisahkan walaupun premi gabung misalnya 500rb/bln ?

    ReplyDelete
  41. Mau tanya juga nih, saya baru saja menutup polis di axa. Dan memang dari bulan pertama ketika buku polis itu dikirimkan kerumah. Saya baca lebih teliti tidak terlalu menguntungkan buat saya melainkan malah rugi. Dan pada akhirnya saya tarik semua saldo saya yang ada di rekening sehingga axa gagal debet. Kesalahan saya adalah saya tidak menutup polis itu secara langsung dikarenakan saya tidak bisa menutup polis dari bank melainkan harus telp ke bagian telemarketing. Dan pada saat itu saya malas untuk menelepon karna sudah sangat kecewa. Dan pada hari ini barulah saya tutup polis. Dan hal yang paling mengecewakannya adalah selama axa gagal debet itu merupakan hutang. Dan akan tetap terdebet sejumlah hutang tersebut walaupun sudah tutup polis. Pertanyaannya, apakah pihak axa/mandiri akan bisa mendebet tabungan saya d rekening bank lain dikarenakan saldo di rek mandiri sudah kosong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan hal yang paling mengecewakannya adalah selama axa gagal debet itu merupakan hutang

      yg beneran nih gan?

      aku udah satu taun ikut. rencana mau tutup. masa kena hutang pula :najis

      Delete
  42. judulnya sama....tdk mendapat informasi yg selayaknya nasabah dapatkan, tdk mendapat penjelasan mengenai resiko2 yg bs terjadi, tdk mendapat penjelasan mengenai resiko terburuk yg mngkn terjadi, semua janji2 manis ilustrasi yg dibuat utk mengelabui calon mangsa...eh nasabah. Nasabah kecewa bingung mau ngadu kemana, agen yg dulu merayu sdh kabur semua....ngadu ke lembaga2 pemerintah yg berwenang nggak jelas mau dibawa kemana. Dg kejadian yg menimpa sy ini, sy belajar banyak, bahwa jangan ambil produk yg mencampur adukkan proteksi & asuransi meskipun agen merayu anda dg kata2 manis, nasabah hrs pintar ambil keputusan dan jangan dengarkan apa kata agen yg malah sering menjerumuskan. Sekain itu buku polis jg sangat tdk lengkap, jd hampir2 tdk ada gunanya sbg pegangan krn bnyk poin2 yg tdk dicantumkan. Nasabah hrs berpikir, mshkah akan menggenggam buku polisnya meski rugi besar atau cut loss. Krn produk yg kita2 pegang ini hubungan erat sm saham (IHSG), kl jeblok uang kita ikut jeblok...kl lg naik blm tentu jg kita langsung untung krn hrs nunggu pemotongan2 utk biaya premi asuransi hingga tahun ke sekian.....lebih baik pisahkan asuransi & investasi jd jelas kemana arah tujuan kita

    ReplyDelete
  43. maksud sy jangan beli produk yg mencampuradukkan proteksi (asuransi) dg investasi

    ReplyDelete
  44. aduh...aq sbentar lg mau kerja di axa mandiri...jadi gak tega aq...out ajah deh aq...aq serius...

    ReplyDelete
  45. aku ikut axa des 2012 premi 500/bln aku cek saldo des 2014 jumlahnya 2.595.042 jadi hilang sekitar 57% lucunya lagi kalo punya Anak saya dengan waktu yg sama jlh premi yg sama dan kesepakatan awal yg sama semua malah saldo nya 2.880.072
    saya bingung kok bisa berbeda,padahal dari awal di buat sama porsi nya semu..mohon tanggapan teman teman seperjuangan.thk

    ReplyDelete
  46. faktor usia pd saat masuk ikut mempengaruhi pak, jd kalau makin muda usia kita ikut asuransi akan semakin sedikit jumlah biaya2/ potongannya. Makin tua ya jadinya makin mahal pak, kira2 begitu, karena resikonya kan juga makin besar

    ReplyDelete
  47. Sebetulnya Axa-Mandiri memiliki beberapa produk, misal termlife atau unit link. Ketentuan yang berlaku bagi nasabah tergantung dari produk yang nasabah ikuti, jadi bisa berbeda. Sebaiknya sebelum memutuskan untuk ikut produk asuransi (apapun) calon nasabah mempelajari dulu syarat, ketentuan, manfaat dan resikonya secara utuh, jika sesuai kebutuhan nasabah silahkan ikut, namun jika tidak sesuai dengan kebutuhan sebaiknya jangan memaksakan diri. Jangan sampai ada penyesalan apalagi makian akibat ketidak fahaman dan ketidak telitian diri sendiri. Semoga bermanfaat bagi anda yang telah maupun yang akan mengikuti produk asuransi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju pak wigi, sebaiknya dengarkan penjelasan dari petugasnya dan bentanya sedetail mungkin sebelum ikut program apapun.semua prinsip nya sama pahami program baru anda ikut..
      dan untuk produk unit link yang diikuti, ini adalah produk jangka panjang..

      Delete
  48. kita juga udah tau pak,,,,masalahnya kita itu dikibulin dg iming2 ilustrasi yg jauh dr kenyataan, seharusnya para agen itu ksh tau resikonya jadi nasabah nggak shock dan stress stlh tau uangnya bablas. jangan cuma krn kejar komisi trs mengorbankan nasabah yg tdk semuanya kaya2 pak, kl sy amati jg pihak axa mandiri tdk melaporkan saldo, baca saja facebooknya axa mandiri, bnyk skali keluhan sdh tahunan ikut blm prnh dpt laporan saldo, sy sendiri cari sendiri gmn caranya dg cari2 info sendiri, akhirnya sy dpt websitenya dan no telp 30058788 kemudian 1, 1 dan 2. di situ kita dpt penjelasan jml unit kita juga. Sepertinya memang ada kesengajaan dr pihak axa mandiri utk tdk memberikan info se lengkap2nya di awal. nanti kl nasabah sdh ribut2 br dksh tau belakangan, nada2nya sama ...kaget, shock krn perkebangan dana tdk sesuai ilustrasi yg diberikan. Tau2nya dlm ilustrasi yg diberikan hanya bila perkembangan dana 10% dan 14%. Waktu di awal memang yg mewarnai nuansa hati sy utk akhirnya ikut "rayuan agen" yg gak sesuai kenyataan ini karena se mata2 kebesaran nama bank MANDIRI sbg bank BUMN terbesar & terkaya di Indonesia, apalagi sy termasuk nasabah pertama di mandiri (pindahan dr merger bank2 bdn dll itu). Pelajaran yg penting buat sy : JANGAN GAMPANG PERCAYA !!!! bahkan oleh bank terbesar skalipun, pelajari detailnya, tanyakan resiko2 terburuk yg bs menimpa anda, jangan cuma dengarkan buaian2 manis janji agen asuransi. Kl agen tdk bisa menjawab tanyakan pd ahlinya, jangan sampai menyesal di kemudian hari karena produk yg anda beli sangat tidak sesuai dg tujuan keuangan anda.

    ReplyDelete
  49. kalau untuk kasus seperti saya gimana yah? jadi beberapa bulan lalu pernah ditelepon oleh orang yang mengaku dari AXA mandiri belakangan saya tahu kalau ini disebut dengan telemarketing. tidak ada persetujuan autodebet, tidak ada hitam diatas putih yang menyatakan saya setuju untuk masuk menjadi nasabah AXA mandiri.

    2 bulan belakangan ini saldo di bank Mandiri tidak pernah sy isi karena mau saya tutup, saya baru sadar kalau sudah hampir setahun ada autodebet 350 ribu rupiah tiap bulan dari AXA mandiri. Apa yang harus saya lakukan agar uang sudah di debet ini bisa kembali? terima kasih

    ReplyDelete
  50. permisi mau tanya, say sudah mengikuti polis asuransi dan investasi axa dan kurang dari 4 bulan sdah genap 5 tahun........yang ingin saya tanyakan
    1. apakah setelah genap 5 tahun polis untuk pembayaran asuransinya berhenti dan pembayaran u tahun ke 6 hanya full untuk investasi saja?.....
    2. apabila pembayaran asuransi telah selesai pas di tahun ke 5 ,kemudian saya akan menutup asuransi tersebut:
    1) apakah dana yang saya setorkan selama ini baik asuransi dan investasinya akan kembali?
    2) dan berapa persen dari dana asuransi akan saya terima, mengingat selama 5 tahun saya tdk ada klaim?itu diluar dana investasinya. Mohon penjelasannya
    2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1.Pembayarannya tetap berjalan, tapi uang yang dibayarkan itu 100% masuk kedalam investasi mulai tahun ke6
      2.yang dapatkan itu hanya uang yang ada didalam saldo investasi.

      Delete
    2. Sudah cek saldo terakhir dapat berapa?Sebelum ditutup minta saldo terakhir dulu,biar kita tahu berapa jumlah uang yang kembali.

      Delete
  51. Salam kenal pak alex, mau ikutan tanya nih. Kalau seandainya tertanggung adalah org tua, dan orang tua baru meninggal. Bagaimana melengkapi syarat penutuppan polis? Terimakasih

    ReplyDelete
  52. mas saya mau tanya, saya sudah ikut lemayan baru, cuman polisnya ko belum nyampe2 ya. katanya mau dikirim, tp di tungguin ko gada nongol2 jg. mohon penjelasannya. apakh bisa qta ambil di bank mandiri di sekitar atau spt apa?

    ReplyDelete
  53. mau tanya ni gan. saya baru banget daftar ni di axa mandiri (secure plan)lewat telemarketing tgl 27 januari 2014, cuma dijelasin dana baru bisa diambil di tahun kelima (5), dan tahun ke sepuluh(10), tapi ga dijelaskan bahwa dananya untuk investasi. hanya untuk asuransi saja. dan itupun akan dibayar 100% di tahun ke lima. tapi kok saya baca ada potongannya segala ya? mohon pencerahannya gan, apakah saya harus cancel saja, karena axa blm auto debet rekening saya. tolong reply gan ke email saya dadoyudi@gmail.com

    ReplyDelete
  54. @yudi: saya jg pernah di tlp axa secure plan juga, n sdh kedebet 250rb, setelah itu saya telp ke pusat utk dibatalkan, dan uang saya di transfer balik besoknya, lumayan bwt beli bakso..
    *secure plan kalo gak deruskan akan hangus, jd saya sarankan di batalkan saja...

    ReplyDelete
  55. salam kenal untuk group ini, saya arit tambunan, mahasiswa di salah satu fakultas di Siantar.
    saya memiliki 2 plat dalam axa mandiri, yang bulanan 500.000 per bulan, dan satu lagi 4.800.000 per tahun. Yang bulanan sudah berjalan 3 tahun 2 bulan berarti total investasi saya sudah mencapai 19 juta, namun saldo terakhir saya 8 juta, dengan saya telah mendebit 4 juta selama saya menggunakan axa ini, jadi total sampai tahun keempat saya sudah rugi 7 juta. Dan yang tahunan baru 2 x penyetoran, berarti 9,600.000 sedangkan saldo terakhir baru mencapai 4 juta. Berarti saya sudah merugi 5 juta an untuk yang tahunan.
    Kerugian ini saya analisa di beberapa bulan sebelumnya sempat anjlok sampai 2 juta per saham.
    saya mohon anjuran dari bapa ibu sekalian, sebaiknya apa yang saya lakukan dengan axa mandiri saya.
    trima kasih sebelumnya...

    ReplyDelete
  56. saya sarankan kepada teman2 untuk melihat "aidil akbar - asuransi bukan investasi" di YOUTUBE, semoga bermanfaat.
    fb axa mandiri sdh ditutup, dg demikian sy kehilangan kontak dg customer "tidak" care axa mandiri, krn menghubungi by phone jg sangat sulit, yg ada hanya mesin penjawab "maaf customer care kami sedang melayani pelanggan lain"
    kalau kita2 ini sbagai korban axa mandiri mau kompak, sebaiknya pd melapor ke OJK (otoritas jasa keuangan), dgn semakin banyak pelapor maka akan semakin didengar oleh OJK
    kalau kita cuma grundelan di belakang seperti ini maka akan semakin banyak korban berjatuhan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju..sepertinya iklan di tv bahwa ikut asuransi di axa grafiknya naik terus bulshit banget,ada saran untuk buat laporan ke OJK ?

      Delete
  57. saya ralat...krn baru saja facebook axa mandiri bs dibuka, semoga tdk ditutup lg shg komunikasi dg pihak axa mandiri tdk buntu sama sekali

    ReplyDelete
  58. kalo emang di tahu ke 6 uang kembali 100%..tapi koq ada yang udah tahun ke 7 masih ada yang menderita kerugian...ga beres ni AXA

    ReplyDelete
  59. share donk nasabah yang pernah diuntungkan sm AXA buat pencerahan...koq kayax negatif smua komenx...

    ReplyDelete
  60. setelah sy pelajari dgn membaca artikel2 mengenai unit link, ternyata axa mandiri "mandiri investasi sejahtera plus" yg saya ambil tergolong unit link potongan biaya sangat tinggi :
    1. Biaya akuisisi nyaris 5% (2,3% dipotong 2x), 5% masuk axa mandiri
    2. terdapat perbedaan harga jual & harga beli sekitar 5% (bid price & offer price, ada harga unit jual dan harga unit beli). Kita beli di harga jual, dan jual di harga beli, selisihnya sekitar 5%, untungnya 5% masuk axa mandiri. Tidak semua perusahaan asuransi+investasi menerapkan bid & offer price, biasanya kl biaya akuisisi tinggi sdh tdk lg pake bid & offer price. Jadi harga unit (NAB) ya cuma satu saja, NAB titik. Dan ingat NAB ini sdh termasuk keuntungan manajer investasi "mandiri investment manajemen", jadi untungnya masuk mana lagi? ya axa mandiri lagi
    3. Biaya administrasi axa mandiri bulanan yg tinggi (sy ditarik Rp 35.000,-/bulan). Padahal di perusahaan lain yg sngt terkenal jg, cuma ditarik Rp 5.000,-/ bulan. Untung lagi kan?
    4. Perhitungan uang pertanggungan bulanan yg hrs kita bayar, makin meningkat seiring dgn pertambahan usia, yg gmn cara ngitungnya tidak kita ketahui scr transparan alias rahasia perusahaan. Jadi sampai mati kita akan akan dipungut biaya bulanan utk UP (uang pertanggungan) yg jumlahnya makin meningkat.
    5. Raider kesehatan yg sangat tinggi, yg ini sy sudah goodbye krn setelah sy cek, jumlah unit tergerus habis2an di raider ini, pdhl sy cuma ambil yg silver class. Untuk raider kesehatan sy dipotong perbulan sekitar 70ribu lebih/ bulan (sy dikibulin agen yg bilang sy cuma dipotong sekali di awal. bullsheet bener tu agen!)
    6. Kenyataan yg menyedihkan adalah jumlah unit sy tergerus habis utk mbayar2 potongan2 yg tinggi ini, Tergerus di awal : dari selisih bid & offer price 5%, tergerus akusisi 5%, tergerus biaya2 bulanan hampir 140ribu (skrg tinggal sekitar 66ribuan krn raider keshatan sy hapus). Waktu di awal oleh agen pun sy tau bahwa dana sy premi tunggal 50 juta bersisa Rp 46.389.325,12. Tapi krn kata agen (FA) nya sdh tdk ada potongan lagi, dah tinggal nunggu pengembangan investasi,,,yaaa sy tenang2 aja. Tp buktinyaaaa...??? Jd jgn gampang percaya!
    7. Kebetulan sy dipilihkan oleh agen yg jaga meja axa mandiri waktu itu (sdri Indri Jeklin Nelwan 15251804005143012325) utk ambil "attractive money" yg dikelola oleh manajer investasi "mandiri investment management". Yang ternyata kinerjanya jauh dibawah "dynamic money rupiah" yg dikelola oleh manajer investasi "schroeder". Lagi2 jatuh ketiban tangga...:(

    Sekarang sy lg nunggu attractive money bs naik spy dana bs kembali. Oleh krn di awal sy ke bank mandiri adalah utk menaruh uang sy di DEPOSITO bukan ke AXA MANDIRI! Sy dibelokkan oleh CS axa mandiri spy menaruh uang sy di axa mandiri dg penjelasan bahwa sy lbh untung ke axa mandiri drpd deposito bank mandiri. Kl di hitung2 2 tahun lalu sy masukkan deposito, sudah berapa uang sy yg loss..???

    ReplyDelete
  61. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  62. tadi sy menelpon axa mandiri 02130058788, dan surprise..!!! sy langsung bicara dg customer care nya...alhamdulillah, tdk spt biasanya sy hrs menunggu 15 menitan hanya utk berbicara dg ybs. Semoga harga unit sy bs naik trs dan uang sy bs segera kembali! amiiin....

    ReplyDelete
  63. Makasi Pak Alex, sudah share.. Saya juga merasa kecewa dg AX* Mand*ri walau ada embel-embel syariah namun tetap membuat kecewa. Diawal saya hanya setor 500k, eh saat polis turun disuruh membayar 515an k. Ckck.. mana FA nya suka bilang gatau menau lagi, katanya itu ditetapkan pusat bla bla bla.
    Ketika ditanya kapan uang saya masuk jika saya tutup polisnya?, FA jawab gatau.. berapa uang yang balik? FA jawab gatau.. dia bilang FA hanya petugas.. bla bla bla. Ternyata tidak salah banyak yang komplain ttg AX* tsb.
    Saya sedang menunggu uang saya kembali, mohon doanya agar cepat dan tidak banyak potongan.

    ReplyDelete
  64. kinerja mandiri attractive money kok bisa dibawah IHSG ya? isepan jempol dana bs balik kl kinerja "mandiri investment management" begini terus, padahal kinerja manajer investasi yg bagus seharusnya di atas IHSG karena saham2 yg dikelola oleh manajer investasi umumnya adalah saham2 blue chip pilihan (catatan: IHSG mewakili semua emiten yg berkinerja buruk, mandeg maupun baik), terlalu ngambil bnyk untung nih axa mandiri :(
    kasihan nasabah2nya...selain banyak potongan dari sisi AXA sbg pengelola asuransi, dari sisi manager investasi yg mengelola investasi jg bnyk ambil untung...gak heran kalau akibatnya nasabah2 pd "buntung'

    ReplyDelete
  65. Untuk investasi 10thn mending beli reksadana agresif kelolaan schroeder dan bnp paribas 500rb per bulan punya gua dari th 2009 sekarang udh berlipat2 baru 5thn jg, manager investasi axa sama mandiri investasi kinerjanya masih jauh dibawah 2 mgr investasi yg saya sebutin diatas

    ReplyDelete
  66. Pak, Saya mau tanya, Jika Buku Polis Saya hilang, bagaimana caranya saya menutup Axa Mandiri ini?

    ReplyDelete
  67. Pak alex, ketika kita sudah memutuskan polis, disebutkan dana investasi kita akan kembali dalam 14 hari kerja...apakah hari sabtu dan minggu diikutkan hari kerja juga pak ?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  68. Tahun 2008 kami masuk axa Mandiri rencana sejahtera, premi yg kami bayar per tahun Rp 12 juta, ( utk 2 orang anak ) kami paham tahun pertama sampai ke 5 memang kalo ditutup uang tersebut paling separroh yg kembali....kecuali setelah 5 Tahun ( Menurut costumer axa yg mengilustrasikan pada kami lima tahun yang lalu. ternyata sekarang sudah tahun ke 6 .uang kami hanya kurang lebih 80 % . padahal setiap tahun axa mendebet premi dari tabungan kami dg lancar. Jadi jika dari tahun 2008 -2014 total tabungan kami 72 jt ternyata saya cek sebulan yang lalu hanya 59 jta....... sampai kapan uang kami menunggu ????? kembali sesuai tabungan pun sdh sukur apalagi menghararap bonus ......

    ReplyDelete
  69. Pak Alex, saya anggota axa mandiri sejak Nop 2009. Nanti pertengahan 2014 ini anak saya tamat SMA mau kuliah. Apakah saya sudah boleh mengajukan klaim untuk biaya anak kuliah dan bagaimana caranya?. Trims sebelumnya pak atas pencerahannya.

    ReplyDelete
  70. salam kenal pak, saya mau tanya, kalo polisnya hilang seperti apa ya,apa dana tidak bisa di ambil?

    ReplyDelete
  71. aku baru aja berhentiin polish saya,saya merasa tertipu dg ocehan telemarketingnya yg ga sesuai dg kenyataan.katanya seperti menabung,tapi uang saya ga bisa diambil.saya tidak ikhlas uang saya di makan axa,sampai kapanpun.buat yg belum lama bergabung ini bisa jadi pertimbangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju pak..saya lihat di@AXA_Mandiri juga banyak keluhan serupa.

      Delete
  72. saya belum dapet Polis malah udah di potong melalui auto debet. pelanggaran juga tu AXA

    ReplyDelete
  73. Apakah masih bisa membatalkan sedangkan polisnya belum datang? Saya baru kemarin mendaftar dan nampaknya saya akan membatalkannya saja. Tolong infonya ya. Makasiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik ga usah karena lebih banyak mudaratnya dari pada manfaatnya..

      Delete
  74. miris sekali membaca artikel diatas.tadinya saya ingin brgabung dengan axa untuk pendidikan anak.. mumpung usianya masih 4 bulan,, itung itung buat nabung tapi gak bisa gesek gesek di ATM....
    saya bingung... jadi bergabung atau tidak????

    ReplyDelete
  75. sy bru ikut axa satu bulan,,apa bisa sy tutup saja asuransi axa saya dengan menarik semua uang sy di rekening,,jadi axa tidak bisa mendebet lagi.ga axa tidak bisa mendebet lahgi,,itu berapa bulan rekening sy harus kosong sehinga axa tidak bisa mendebet lagi,sy merasa dibohongi oleh petugas axa.mohon infonya,makasi

    ReplyDelete
  76. mas alex,saya juga nasabah axa mandiri sudah 7 tahun, asuransi yang saya ambil adalah asuransi pendidikan plus investasi tapi saya cuti premi hampir lama, setelah saya cek uang semakin lama semakin berkurang lalu saya tanya ke melalui cs axa mandiri by phone alasan dari pihak axa mandiri adalah uang berkurang karena ada biaya admin.lalu saya diskuss sama istri lalu kita mau putuskan untuk menutup polis asuransi ini oleh karena ada kebutuhan lain,menurut mas alex gimana kira2.mohon pencerahannhya,thanks

    ReplyDelete
  77. Mohon masukan dari teman2 atau Org AXA Mandiri, saya nasabah Axa Mandiri berjalan 5 bln (mulai Nop 2013) dg nilai pertanggungan 500 jt dibayar 2X, jadi 250jt/th. dengan rincian 80% (200jt) investasi dan 20%(50jt) premi asuransi, pada 1 Des 2013 saya menerima polis dan lembar pernyataan Transaksi Investasi yg nilai sbb :

    ATRP
    Saldo investasi per unit : 766,876.1590
    Harga beli : 131.6486
    Nominal : 100,958,172.70

    EQRP
    Saldo investasi per unit : 972,586.8870
    Harga beli : 103.8030
    Nominal : 100,958,214.70

    Total saldo akhir : 201,916,387.40

    pada bulan April 2014 saya menerima pernyataan transaksi priode Nop 2013 s/d Jan 2014 yang isinya sangat mencengangkan karena jumlah unit yg saya miliki jadi berkurang dan harga unitpun ikut turun. klo dari sisi harga saya bisa pahami tapi dari jumlah unit yang berkurang saya tidak bisa pahami. unit yg saya miliki skrg sbb :

    ATRP
    Saldo investasi per unit : 764,611.2497
    Harga beli : 128.9232
    Nominal : 98,576,129.06

    EQRP
    Saldo investasi per unit : 969,723.5484
    Harga beli : 98.6265
    Nominal : 95,640,439.54

    Total saldo akhir : 194,216,568.60

    jadi nilai investasi sebesar 200jt (cash) selama 5 bulan tidak ada untungnya malah nilainya berkurang sekitar 7 jt, melihat seperti ini saya jadi ragu pada cara kerja fund manager di axa mandiri ini.........

    ReplyDelete
  78. mau tanya donk buat yang ngerti axa mandiri (atau pernah join)
    kalo misalnya pengen tutup polis, kira2 kena biaya admin berapa ya? atau kena charge berapa % dari nilai investasi kita sekarang (saldo)
    thanks.

    ReplyDelete
  79. saran saya buat yang belum ikut investasi2 kayak gini.. jangan pernah ikut!!! saya salah satu nasabah AXA, ikut salah satu program investasi AXA Mandiri selama 6 tahun tanpa klaim. tapi saat saya hendak menutup polis tersebut dari bulan desember 2013 saya urus penutupannya tapi sampai detik ini, 24 April 2014 tidak juga ada titik terang nasib dana saya. Segala dokumen yg diminta sdh sy lengkapi, bolak balik ke kantor AXA mandiri sdh beberapa kali, menghubungi call center AXA Mandiri juga sudah berkali-kali saya lakukan. tapi apa??? jangankan dana saya terima, penjelasan apapun dari pihak AXA tidak ada!!! jawaban yg saya terima hanya janji-janji manis pihak AXA yg katanya "tunggu paling lambat 14 hari kerja, dana bapak sdh ditransfer ke rekening tabungan bapak..." bullshitttt...

    ReplyDelete
  80. saya sudah ikut axa mandiri selama 10 tahun dan alhamdulillah lumayan dapat untung 15juta dengan premi 600rb perbulan nya. emang pak kalau 1sd5 thn msh rugi, tapa kalau sdh 10 thn malah dpet untung krna program jangka panjang

    ReplyDelete
  81. Seminggu yg lalu, saya ditelepon oleh pihak yg mengaku dari bank mandiri pusat...
    Dy menawarkan produk axa mandiri secure plan ini...awal y saya sudah menolak...tp cs y terus berbicara serta memberikan ilustrasi keuntungan2 tanpa memberikan waktu saya untuk berfikir dan akhir ya, saya meng"iya"kan...
    Tp setelah dipikir2 lg, saya masih ad keperluan dibanding ikut asuransi ini...
    Kebetulan saldo d tabungan mandiri tidak mencukupi untuk di debit...
    Rencana ya, saya akan mengkosongkan tabungan saya...
    Karena cs ya bilang...apabila dalam waktu 3 bulan gagal autodebit..maka dianggap asuransi gagal...
    Cuma setelah saya baca comment2 di atas...itu dianggap hutang...
    Bagaimana ya? Mohon pencerahan ya...
    Apakah saya tutup saja tabungan mandiri ya?

    ReplyDelete
  82. ya harusnya pemerintah bantu dong, sama dengan penipuan nih, masyarakat awam diiming iming bunga yang besar pasti mau mengorbankan hartanya, tapi jerih payahnya mengumpulkan uang dicomot aja sama axa mandiri, dasarrrrrrrrrrr.

    ReplyDelete
  83. memang orang axa mandiri tidak punya moral
    maunya keuntungan pribadi aja
    bagaimana pemerintah kok diam aja --------- diselidiki dong

    ReplyDelete
  84. Teman, saya menemukan sebuah blog yang menceritakan bagaimana pengalamannya bekerja di AXA Mandiri, blog seorang sarjana gizi yang bekerja sebagai Financial Advisor di AXA Mandiri, blog dengan rangkaian kalimat yang begitu jujur dan lugas berisi luapan hati dan emosi. Mari kita simak potongan kisah Aramentari atau biasa dipanggil Mia, dan disetiap potongan kisahnya saya akan memberikan komentar.

    Selasa 17 Juli 2012 – Hari ini, jalan 3 bulan gue kerja sebagai financial advisor di axa mandiri. Tau kan kalian axa mandiri tu anak perusahaan bank mandiri yang bergerak melayani asuransi dan perencanaan keuangan nasabah bank mandiri maupun Bank Syariah Mandiri. Awalnya gue pikir kerjaan ini keren, apalagi gue di syariahnya, apa yang gue pelajari di akademi bikin gue makin yakin untuk berkarir di sini. Karena gue ngerasa dengan membantu orang untuk membuka asuransi dan merencanakan keuangan nasabah, artinya gue udah nolong orang. Tapi, pada prakteknya gue semakin ngerasa bimbang “bener gak si apa yang gue lakuin?”. Sebenernya si gak masalah kalo nasabah gue duitnya banyak, tapi gimana kalo ternyata yang gue tawarin itu duitnya pas-pasan, dan bener2 ngarepin banget hasil dari investasi di axa mandiri.

    Komentar saya : Awalnya kita memang akan berfikir bahwa pekerjaan ini memang keren, karena kita ditempatkan di bank dan ditraining selama hampir 1 bulan di bancassurance academy, namun nyatanya pekerjaan sebagai FA tidak sekeren itu. Apa yang diajarkan di academy memang jauh berbeda dengan apa yang terjadi dilapangan, saya yakin apa yang dirasakan oleh Mia juga dirasakan oleh semua FA.

    Contoh kasus, ada nasabah yang dateng ke gue setelah kepesertaannya di axa mandiri selama 6 tahun, dia dijanjikan oleh FA sebelumnya akan mendapatkan dana 26 juta setelah tahun ke 6, tapi nyatanya saldo yang terbentuk baru 8 juta.

    Kasus lain, nasabah yang menyimpan uangnya 50 juta, dengan harapan setelah tahun ke 3 uangnya akan bertambah, tapi nyatanya setelah tahun ke 3 uangnya malah menjadi 20 juta, dia merasa kehilangan uang senilai 30 juta. Jadilah dia kecewa juga pada AXA.

    Komentar saya : Memang banyak nasabah yang KAGET setelah mengetahui uang yang diinvestasikan ternyata tidak sesuai dengan perhitungan. Siapa yang salah? Jelas ini salah FA yang tidak menjelaskan kepada nasabah akan adanya biaya-biaya yang ditanggung oleh nasabah tersebut.

    Mungkin yang ada di fikiran FA itu hanyalah gimana caranya klosing agar bisa memenuhi target dan dapet bonus (varkom). Karna jujur, di AXA pressure (tekanannya) gila-gilaan.. lo harus tutup kuping dengan kata2 bos, nah kadang ini juga yang bikin FA menghalalkan segala cara agar bisa mencapai target, salah satunya dengan tidak memberikan informasi biaya2 yang harus ditanggung oleh nasabah ketika mengikuti program asuransi di AXA Mandiri yang dibebankan hingga tahun ke 5.

    Komentar saya : Tekanan bekerja sebagai FA berlangsung SETIAP HARI, memutuskan bekerja sebagai FA maka bersiap-siaplah merasakan tantangan STRESS yang luar biasa.

    Gue cuma gak mau ada nasabah yang merasa tertipu lagi oleh agen asuransi, dan sebisa mungkin gue gak akan pernah melakukan kecurangan tersebut. Gue lebih baik diomelin bos gara2 gak mencapai target, daripada nasabah gue ngerasa tertipu sama gue dan kecewa di akhir2, gue gak siap nanggung dosanya. Apalagi program yang gue tawarkan adalah asuransi dengan sistem syariah, sebisa mungkin gue juga jualannya syariah.

    Komentar saya : Salut buat kamu Mia, dimarahi bos (ASM : Area Sales Manager) sudah menjadi hal memusingkan yang sangat dihindari oleh FA, kamu lebih memilih hal tersebut ketimbang bekerja dengan tidak jujur.

    Bagi lo yang dapet panggilan dari axa mandiri, mending fikir lagi.. Live is not just about money kok. Kalo lo jualannya gak bener… berarti lo tanggung sendiri konsekuensinya. Gak sedikit ko FA yang berakhir di balik jeruji.. Kalo lo emank udah jadi FA, plis plis plissss jualanlah dengan cara yang bener, sesuai dengan yang diajarkan di akademi.

    ReplyDelete
  85. Siang mas

    Saya butuh bantuan,saya kan tadi dpt tlpon kata nya dari pusat bank mandiri,saya di paksa ikut axa mandiri,saya bilang belum siap tapi saya di paksa harus bilang setuju,saya bekali2 bilang mau fikir2 dulu,kata nya gak ada rugi nya karna untuk masa depan anak anak,sedangkan keuangan saya masih terbatas,saya udah dpt no.polis kira2 bisa gak ya kalo di batal kan
    Mohon bantuan nya

    ReplyDelete
  86. yang ada di otaknya para agen itu emang cari duit.....sama skali gak mikirin nasabah....mau duitnya sak uprit kek....dikit kek...yg penting udah masuk asuransi+investasi yg menjerat ini. Dibilang menjerat kenapa? karena diperkirakan uang kita baru balik modal di tahun ke 10, yg rajin aja mantau2 saham yak...siapa tau lg beruntung bs diambil cepet

    ReplyDelete
  87. Kmarin saya baru tutup asuransi. lewat telemarketinya tapi ke tika di tutup premi yang sudah masuk tidak dapat di kembalikan. saya ngersa kaget karna liathat blog di atas premi bisa kembali. padahal saya ga ada klaim dari awal ikut. apa karna saya belum genap 1 tahun ikut karna waktu di tutup saya masuk bulan ke 11... mohon pencerahanya!! -_-

    ReplyDelete
  88. Saya juga merasa dirugikan, saya sdh ikut dari thn nov 2012, awal feb 2014 saya pindah autodebet di rek.mandiri juga, padahal saya sudah tanda tangan diatas materai serta fotocopi ktp,oleh customer care data dikirim ke jkt. saya pikir sdh autodebt,ternyata april awal may saya cek lagi dana saya yg sdh disetor nol rupiah alias hilang (saya rugi 4,5 jt), alasan gk bisa autodebet kr tanda tangn tdk sama, & ktnya saya ditlp tdk bisa,knpa sya gk kirimin surat kerumah... itu kan akal-akalan aja. dan selama ini saya gk pernah pake utk biaya pengobatan. pas mau ditutup gk ada dana nya, Iming2nya waktu ikutan uang kita gk hilang kr cuma investasi. 4.5 jt bagi saya cukup besar, kecuali bagi org2 kaya mungkin kecil nilai segitu.... saya merasa kesallll mau marah.... gk berdaya....

    ReplyDelete
  89. Membaca tentang pelayanan AXA MANDIRI terhadap nasabah Investasi dan asuransi Kesehatan disini, dengan berbagai penjelasan dan pengalaman dari masing-masing orang yang sudah menutup maupun belum asuransinya di AXA Mandiri, sangat disayangkan sekali AXA MANDIRI jika benar yang terjadi seperti banyaknya keluhan yang saya baca di atas, maka saya bilang bahwa ini adalah salah satu modus operandi yang perlu di duga sebagai “PENIPUAN” dengan jualan berkodokkan nama Bank bergengsi dibelakangnya, dalam hal ini AXA MANDIRI seharusnya berkewajiban untuk menjaga dan bertanggungjawab terhadap uang yang dipercayakan pada AXA Mandiri, saya jadi marah juga jika kejadian ini akan menimpa diri saya, artinya dari modus ini kita semua telah kehilangan uang jerih payah dan kerja keras kita dalam mengumpulkan sen demi sen dengan cucuran keringat, darah dan air mata, hal ini seharusnya tidak bisa kita biarkan terus terjadi harus ada gerakkan bersama, saya bicara begini karena saya juga adalah salah satu nasabah dari Investasi dan Asuransi kesehatan di AXA Mandiri ini, saya sudah hampir masuk pada tahun ke 2, buat orang lain nilai ini tidaklah seberapa tapi bagi saya uang tetaplah uang yang memiliki nilai dar arti, total nilai uang saya sekarang Se-Harusnya adalah Rp. 8.400.000,- dengan setoran Rp. 600.000,- perbulannya, dalam beberapa bulan terakhir ini saya sudah tidak setorkan lagi dikarenakan keadaan ekonomi yang memang belum stabil, bahkan saya akan menutupnya, saya bahkan sudah sms pada si petugas yang telah mem-prospek saya untuk melakukan penutupan dan meminta agar dana saya dikembalikan saja akan tetapi belum ada jawabannya, sekali lagi saran saya harus dilakukan gerakan bersama agar AXA Mandiri tetap bertanggungjawab mengembalikan uang nasabahnya tanpa pengurangan sepersenpun, jikapun itu ada yang di potong maka pemotongan tersebut haruslah dengan biaya administrasi yang wajar saja tentunya. Huuuffff!.....;-(....bagaimana bung Alex..???.

    ReplyDelete
  90. Dear bung Alex dan rekan-2 " korban penipuan " AXA Mandiri...
    Sy jg termasuk sala satu pemegang polis AXA Mandiri Secure Plan. bulan ini adlh bln ke-24 ( genap 2th ). Saya ambil yg 10th dg premi 350rb/bln dgn janji 5thn pertama premi didebet dr rek saya, kmd th ke-6 ~ 10 sudah tdk ada debet lg alias gratis.
    Sudah seminggu ini sy bermaksud menutup / berhenti dr program ini, namun setiap kali sy telp selalu sibuk. Begitu di terima bagian customer service dan sy jelaskan klo sy bermaksud berhenti dr program ini, dia bilang uang premi yg sudah sy setor tdk akan kembali alias hangus....???@#$@??
    Padahal dulu saat promosi dibilang kalo kita berhenti sebelum masa program selesai, dana yg sdh masuk akan dikembalikan namun dipotong biaya administrasi.
    Saat customer service bicara kalo uang tdk kembali alias hangus, sy minta utk tunjukan aturan / pasal yg menyebutkan hal itu ( sy sdh coba cari di buku polis tdk ada menyebutkan hal itu...grey area ). Dia meminta sy utk menungggu , namun stl 1/2 jam menunggu dg pulsa tetap jalan, tidak ada konfirmasi balik...akhirnya telp sy tutup.
    saat ini sy sedang berusaha utk meminta klarifikasi mengenai hal ini ke AXA Mandiri. Sy akan tetap perjuangkan semampu sy...karena ini hak saya.
    Mungkin ada saran dari Pak Alex atau rekan-2.
    Tks.

    ReplyDelete
  91. ngimpi kali pak...bisa ngalahin axa mandiri dlm kasus bapak...ini sudah modus

    ReplyDelete
  92. Dear All,
    kalau ini sih perhitungan saya pribadi, tentang ASURANSI SECURE PLAN oleh AXA Mandiri

    ilustrasi: Autodebet per bulan: 350.000,-

    seperti yang dijanjikan marketing:
    cukup iuran sampai dengan tahun ke 5 (60 bulan) dan apabila tidak putus iuran, maka pada tahun ke 10 (tahun ke 6 s/d 10 tidak perlu iuran lagi) akan memperoleh 110% dari yang disetorkan, jadi:

    pada tahun ke 10 kita akan memperoleh:
    ((350.000x12)x5)x110%= 23.100.000,-
    sedangkan total iuran kita adalah:
    ((350.000x12)x5) = 21.000.000,-
    berarti kita untung sebesar : 2.100.000,-
    bila keuntungan dipecah per tahun menjadi:
    (2.100.000/10) = 210.000,-
    dan selama ikut program ini kita tercover asuransi serta tidak ada potongan administrasi bulanan

    bandingkan bila kita hanya menabung biasa sebesar 350.000,- per bulan, demikian hitungan saya:

    ilustrasi bunga saya buat extrem yaitu sebesar 5% per tahun *setara deposito* (bunga tabungan dalam situasi normal pasti di bawah deposito).

    (350.000x12)x5% = 210.000,-
    sepertinya sama dengan hitungan asuransi secure plan AXA Mandiri, tapi tunggu dulu, dalam tabungan biasa selalu ada potongan administrasi bulanan sekitar 12.000,-/bln. atau per tahun adalah:
    (12.000x12) = 144.000
    jadi keuntungan yang kita peroleh adalah:
    (210.000-144.000) = 66.000

    cukup jauh kan perbedaannya? apalagi seperti yang saya sampaikan di atas, bunga tabungan pasti di bawah bunga deposito, jadi perbedaannya bisa lebih jauh lagi.

    Kesimpulan dari saya:

    Ikut asuransi secure plan AXA mandiri cukup menguntungkan dibanding menabung biasa (bedanya tabungan biasa bisa ditarik, sedang asuransi ini tidak bisa). Tetapi untuk hal cara AXA Mandiri menawarkan produknya ini yang harus dikoreksi (saya sependapat dengan anda semua), karena masyarakat belum sepenuhnya paham tentang asuransi dan berbagai macam jenisnya, di samping itu daya pemahaman masyarakat juga berbeda-beda, ada yang cepat paham ada juga yang lambat paham. Sebaiknya cara yang berbeda digunakan untuk orang yang berbeda (tidak boleh disamaratakan). Pesan saya untuk nasabah-nasabah Bank Mandiri yang ditawari produk, apapun produknya bukan hanya asuransi AXA Mandiri, tapi juga produk-produk lain, apabila tidak jelas dengan penjelasan mereka jangan langsung "mengiyakan". lebih baik ditolak saja bila belum jelas, atau ditanyakan sejelas-jelasnya (sekalian belajar) hehehe. Juga untuk cara menolak marketing yang menawarkan produk, sebaiknya adalah dengan cara yang tidak kasar, karena di saat itulah kedewasaan dan kematangan emosional anda diuji. *sok bijak.com* hehehe. ingatlah mereka hanyalah orang-orang yang bekerja demi sesuap nasi, dan karena pekerjaan mereka itu berbasis target maka berbagai cara mereka coba jalankan, saya yakin tidak ada niat jahat sedikitpun dalam hati mereka. bagi yang polis belum diterima, dan yang otomatis terdebet padahal belum setuju, segera kejar ke pihak AXA Mandiri karena itu adalah HAK anda.

    Demikian,

    Salam

    *mohon kritik dan saran bila yang saya sampaikan kurang tepat*

    ReplyDelete
  93. waduh saya ikutan kejebak rupanya nyesel banget,lagi berusaha melakukan penutupan polis,kok bank cabang gak bisa membantu katanya,harus dibatalkan melalui telp,juga...dtelp gak pernah bisa selalu sibuk pulsa udah habis bnyak..help

    ReplyDelete
  94. pak saya mau nanya kl saya baru ikut asuransi axa baru berjalan 1 bulan bisa kan pembatalan,saya anggap penjebakan buat saya

    ReplyDelete
  95. Waduuuh.,.,. kenapa saya baru baca thread ini ya.. saya sudah jalan 2 tahun, dan belum pernah terima kabar saldo saya.. jangan2x dibawah nilai premi yang saya bayarkan ya?? Saya ambil premi 500rb untuk 5 tahun.. iming2nya di tahun ke-5 sudah 30jt + bisa manfaatin asuransi kesehatan 5tahun tsb.. apa betul?????

    ReplyDelete
  96. Ada baiknya ikutan Program 3I CAR, klik http://www.klik3icar.com
    Tabungan Multiguna bersama 3i Networks
    PT AJ. Central Asia Raya - Salim Group.
    http://youtu.be/Q1KHZeQIHC0

    Dengan Menabung Rp 350.000,-/bulan selama 5 tahun, anda berhak;
    √ Proteksi asuransi jiwa UP 21 juta.
    √ Tabungan dapat diambil setelah tahun ke 5 hingga 24 juta, atau tetap diinvestasikan dengan pertumbuhan nilai tunai hingga 1 Milyard.
    √ Penghasilan Tambahan 250rb - 250jt (bonus Jaringan)

    ReplyDelete
  97. Saya ikut axa pada thn 2002 selama 3 then saya membayar iyurannya pada thn ke 4 saya kepengen menutup nya Dan banyak bangat alasannya. Lalu saya TDK membayar preminya sampai dengan tahun ke 10. Yg mau saya tanyakan apakah iuran yg selama 3 thn tersebut apa bisa saya terima???
    Terima kasih atas bantuannya

    ReplyDelete
  98. Dear All.
    saya sdh 1 tahun ikutan asuransi axa.
    dari info diatas kebanyakan info penyesalan ...... (sesal kemudian)
    teman" yang sdh 10 thn bagi info dong ????

    ReplyDelete
  99. kalo gt saya mau tutup axa saya saja

    ReplyDelete
  100. saya udh 28 bulan ikut, dngan biaya 300/bulan, dan sldo inves saat ini hanya 1,9jta padahal totl yg sya byrkan sudah 8,4 juta, klo gt mending sya ttp aja, gpp dec rugi 7jt, dripda rugi lebih besar lagi, stlah sya htung, masa harus nunggu 20 thun untuk dpet untung.... bulssyettt.... mdah2an smua orng axa pada sdar, n gak dapet pegawai lagi... aminnnnn...

    ReplyDelete
  101. wah ketemu banyak korban AXA nih ,,,,

    ReplyDelete
  102. Pagi pak. Saya minta pencerahannya pak, saya mau nutup polis anak saya kok susah ya. sy hub CS tdk pernah ada jawaban memuaskan. yg jelas saya tdk ingin didebet lagi. kalau ada nilai tunai ya syukurlah.....

    ReplyDelete
  103. wah saya jg 2 hr yg lalu bru ditelpon yg katanya dr axamandiri, menawarkan premi asuransi jiwa 290 ribu/ bulan selama 4 th. sy dr awal sdh ragu2 mau ikut tp salesnya rada maksa dg bla bla bla...nya. gmn ya utk membatalkan polinya yg sdh saya setujui sblm saldo saya didebet.. thank

    ReplyDelete
  104. Met siang semuanya, September 2011 sy masuk AXA, setoran 500 rbu per bulan, Hari ini saya tutup, pas 3 tahun, Saldo ternyata 3,5 Jt...ngenes juga sih, moga moga aja yg sy terima nanti gak jauh-jauh amat dari angka itu

    ReplyDelete
  105. Kalau saya dijanjikan pengembalian premi bila 5 tahun tidak klaim. Memang waktu di tutup setelah 5 tahun dijanjikan uang pengembalian premi akan dikredit ke kartu kredit saya, tapi sampai 3 bulan lebih tidak pernah dikreditkan, setiap ditelepon jawabannya hanya disuruh menunggu 2 minggu lagi.

    ReplyDelete
  106. Saya ikut axa mandiri kesehatan yg 5 th. Tgl 24 Sep 2014 ini pas th ke 5. Saya pikir karna selama 5 th tdk ada klaim maka otomatis uang pengembalian akan masuk ke rekening saya. Setelah 1 hr tdk ada berita, saya ke axa untuk menanyakan. Katanya sedang dlm proses, nanti dr pusat mau langsung menghubungi saya, tp sampai sekarang tdk ada telp dr pihak terkait. Pdhal saya punya 4 polis di axa mandiri, kal pencairan dananya susah begini, bagaimana nasib ke 4 polis saya. Saya paksakan menyisihkan uang buat masa depan, kalau begini harus mengadu sama siapa? Kal ini memang penipuan, kita harus hentikan. Jgn sampai ada korban2 lain. Kal lewat jalur hukum percuma, karena yg merugikan kita perusahaan besar. Mari kita bersatu, bongkar ke media massa. Biasanya lewat mereka suara kita akan lebih didengar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. proses pencairannya sudah beres pak ?

      Delete
  107. Seandainya kita lapor ke ojk axa mandiri nya gimana supaya uang kita di kembalikan

    ReplyDelete
  108. `Nama saya Karina Agus, tinggal di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua orang mencari pinjaman untuk berhati-hati tentang scammers karena mereka bulan everywhere.Few lalu saya secara finansial turun, dan karena kebutuhan saya, putus asa dan kemiskinan , saya telah scammed oleh beberapa perusahaan pinjaman yang disebut di online. Aku kehilangan harapan tidak sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Mrs Clara Alderman yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari $ 79.000 dalam 24 jam tanpa tekanan, pada awalnya itu seperti mimpi bagi saya sampai saya melihat waspada angsuran pertama saya 2 jam setelah saya diterapkan. Saya mendorong sesama Indonesia yang membutuhkan pinjaman untuk silahkan hubungi Mrs.Clara melalui: claraloans@financier.com atau hubungi mereka di +447045730449
      Hati-hati! Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui: Karinaagus2@gmail.com

    ReplyDelete
  109. Gimana kalau belum terima buku polis dan belum bayar premi tapi ingin menutupnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bapak ikutan axanya yang dari cabang atau telemarketing?

      Delete
  110. WASPADA..... DANA ANDA BISA HILANG.....!!!! SEHARUSNYA PEMERINTAH CEPAT TANGGAP....!!! SAYA YAKIN BANYAK NASABAH YANG DIRUGIKAN. UNTUK ITU KPK SEGERA MASUK.... DAN KEMBALIKANLAH UANG PARA NASABAH YANG DITILAP AXA MANDIRI.....!!!

    ReplyDelete