Tuesday, March 12, 2013

Cara Pencairan Dana Jamsostek

Niat untuk mencairkan dana Jamsostek ini dimulai dari cerita seorang teman yang sudah mencairkan dana Jamsosteknya. Kemudian saya mulai browsing untuk mencari tahu syarat dan ketentuan agar dapat mencairkan dana Jamsostek.

Karena saya sudah beberapa kali pindah kerja, maka saya memiliki tiga kartu Jamsostek tempat dimana saya bekerja dulu. Saya memang selalu meminta kartu Jamsostek yang baru setiap kali pindah kerja.

Berikut beberapa ketentuan awal yang harus dipenuhi untuk dapat mencairkan dana Jamsostek.
  1. sudah keluar/mengundurkan diri dari perusahaan tersebut.
  2.  masa keanggotaan kepesertaan Jamsostek sudah melewati 5 tahun, atau pengertian mudahnya, usia kartu jamsostek anda sudah melewati 5 tahun.

Nah... untuk kasus seperti saya, dimana memiliki lebih dari satu kartu jamsostek yang ingin dicairkan, berdasarkan pengalaman pribadi saya, seluruh dana dari kartu Jamsostek tersebut bisa dicairkan sekaligus dengan syarat setidak tidak nya usia satu kartu jamsostek saya sudah lewat 5 tahun.
Kondisinya pada waktu itu, usia kartu jamsostek pertama saya sudah lewat 5 tahun, usia kartu yang kedua 3 tahun, dan usia kartu yang ketiga adalah 2 tahun. Dan karena satu kartu sudah lewat 5 tahun, semuanya bisa dicairkan sekaligus. Harus diingat, bahwa seluruh kartu tersebut harus dicairkan sekaligus ketiga tiganya. (jadi segala persyaratannya harus lengkap).
semoga dimengerti.

Kemudian syarat syarat berkas administrasi yang harus dibawa ke kantor Jamsostek adalah:
  1.  Kartu Jamsostek asli, karena saya memiliki 3 kartu jamsostek tempat kerja di 3 perusahaan terdahulu, maka saya membawa ketiganya.
  2.  KTP asli yang masih berlaku dan fotokopi ktp 2 lembar
  3.  Kartu Keluarga asli dan fotokopi kartu keluarga 1 lembar
  4.  surat pengalaman kerja dari perusahaan terdahulu atau selama menjadi peserta jamsostek, saya membawa tiga surat pengalaman kerja dari tiga perusahaan berbeda sesuai dengan tiga kartu  jamsostek saya.
  5. fotokopi buku rekening bank 1 lembar (bila dananya ingin ditransfer ke rekening bank)

Harus menjadi perhatian juga agar di surat pengalaman kerja yang kita miliki, nama perusahaannya harus sama seperti yang terdaftar di Jamsostek dan tanggal masuk dan keluar dari perusahaan tempat kita bekerja dulu sesuai dengan yang tersimpan di database jamsostek. Bila berbeda, terkadang mereka menyarankan kepada kita agar meminta surat pengalaman kerja yang sesuai.

Sesampainya di kantor Jamsostek, saya diberi formulir yang harus diisi. Yang harus diperhatikan adalah:
  1.  Di kolom nama Ibu, isikan nama ibu sesuai dengan yang tertera di Kartu Keluarga. jangan dipersingkat atau ditambah tambahkan.
Jika segala persyaratan sudah lengkap, petugas administrasi akan menanyakan dananya akan dibayar tunai atau ditransfer, pada saat itu saya memilih untuk ditransfer ke bank. dan petugas meminta fotocopy buku rekening saya. Kebetulan saya membawa buku rekening tabungan saya, dan petugas tersebut membantu memfotocopykannya.
Selain itu, petugas akan bertanya beberapa hal kepada kita seperti nama ibu kandung, tempat tanggal lahir, nama perusahaan tempat kita bekerja. sepertinya untuk verifikasi saja.

Sebagai catatan, petugas mengijinkan pentransferan dana ke bank hanya bila nama rekening di bank sama dengan nama peserta jamsostek.
Petugas menjanjikan pentransferan dana dalam waktu 7 hari kerja dan memberikan nomor ekstensi telepon kepada saya bila dana jamsostek saya tidak kunjung cair dalam 7 hari.
Dan sesuai janjinya, dana jamsostek saya masuk ke rekening bank yang saya ajukan dalam waktu seminggu. Caiirrrrrr....

Saya mengurus jamsostek saya di kantor jamsostek cilandak, jl T.B. Simatupang, Jakarta Selatan. Petugasnya dimulai dari security sampai ke petugas administrasi ramah seperti pegawai bank, dan kondisi kantornya juga nyaman dan bersih, memiliki tempat duduk yang banyak, disediakan koran dan televisi.
Kebetulan pada saat itu ada petugas lain yang memberikan kuesioner kepada saya tentang pelayanan jamsostek di cilandak tersebut, dan saya memberikan nilai setinggi tingginya sebagai tanda kepuasan saya. dan saya malah mendapatkan dompet alat tulis sebagai partisipan. hehehe....

Oleh karena itu, bagi teman teman jangan ragu untuk mencairkan dana jamsosteknya. jika memang sudah memenuhi persyaratan, segera berangkatt. Mudah dan memuaskan. Asal membawa berkasnya secara lengkap.

244 comments:

  1. thanks buat Infonya ya.. bener2 nice Info:D
    kebetulan bgt mau cairin Jamsostek.

    tp btw kalau asli & fotocopy kartu keluarga dr ktp kita yg sekarang hilang gmn yah? ada ga dokumen pendukung lain yang bisa menggantikannya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kartu keluarga asli dan fotokopi harus ada, itu menjadi salah satu syarat utamanya..
      thanks commentnya.

      Delete
    2. Pak alex krtu jmsostek sy dari jan 2008,di phk 26 sept 2013,apakh sdh bs dicairkan mhn infonya

      Delete
  2. Kalau lembar surat referensi kerjanya copy-an boleh kah? biar kita cairkan dulu.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya harus ada yang asli, nanti petugasnya lihat cap basahnya atau tanda tangan asli...
      hubungi saja perusahaan yang lama, minta surat keterangan kerja. saya juga gitu dan mudah kok.
      kalo dah cair jangan lupa makan makan ya.. :)

      Delete
  3. Misalnya sudah bisa domisili gimana masalah kk nya yah ?

    ReplyDelete
  4. Saya kekuar kerja 30juni 2011,,kira2 saya bisa mencairkan jamsostek kapan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur kartunya sendiri sudah berapa lama? di kartunya biasanya tertulis bulan dan tahun pencetakan kartu.
      kalau sudah 5 tahun sejak kartu dibuat, sudah bisa dicairkan.

      Delete
  5. nice post,

    boleh tanya mas, klo saya kerja di 3 tempat yang masing2 ga sampai 2 th, gimana ya? mohon infonya ta thx :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga ada masalah mas/mbak berapa lama kita kerja di perusahaan tersebut, yang penting salah satu dari kartu jamsostek punya mas sudah berumur lebih dari 5 tahun. Kalau salah satu kartu sudah melewati 5 tahun, ketiga kartu tersebut bisa dicairkan sekaligus.

      Delete
  6. Siang Mas,

    Mohon informasinya. Kalau posisi saya sekarang masih kerja di perusahaan baru dengan kartu jamsostek yg baru. Jamsostek yang lama kepesertaannya sudah lebih dari 5 tahun. Apakah bisa saya cairkan duluan ato harus nunggu sampai tidak bekerja?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kartu jamsostek yang sudah lebih dari 5 tahun itu sudah bisa langsung dicairkan mbak. Jangan lupa bawa surat pengalaman kerja dari perusahaan yang lama tersebut. Selamat mencairkan dana jamsostek mbak.. :)

      Delete
  7. Saya status di KTP dan KK sudah menikah tapi belum mendaftarkan suami saya di keanggotaan jamsostek. Apakah perbedaan status di KTP dan KK yang berbeda bs bermasalah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya mendaftarkan suami di jamsostek bagaimana ya bu?
      yang mendaftarkan kita ke jamsostek kan perusahaan..
      tidak ada masalah status pernikahan ketika ingin menarik uang jamsostek.
      thanks.

      Delete
  8. berapa lama batas pencairan jamsostek ya pak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau maksud bapak/ibu batas waktu penarikan uang kita di jamsostek, setau saya ga ada batas waktunya bu... makanya kata jamsostek saat ini sangat banyak acoount di jamsostek yang tidak dicairkan orang yang bersangkutan walaupun umur kartunya sudah puluhan tahun.

      Delete
  9. gan mau nanya neh kalo kartu jamsostek umurnya pas 5 tahun bisa langsung di cairin gak atau harus nunggu beberapa bulan dulu dari masa jatuh tempo baru bisa di cairin. Thanks gan,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo misalnya umur kartunya 5 tahun di mei 2013, agan udah bisa nyairinnya di juni 2013. gitu gan... semoga membantu :)

      Delete
  10. Suami saya kerja sdh hampir 8th.. Rencana mau ajuin senin nanti. Yg jd pertanyaan apakah dananya lsg bs cair hari itu juga, atau hrs menunggu 1 bulan baru dicairkan..
    Soalnya bny simpang siur info yg saya dapatkan.. Ada yg bilang 1 bulan dulu baru bs bahkan ada yg bilang tunggu 6bulan dulu.. Bingung,krn kartu terbit sdh kurang lebih 7-8th yang lalu. Mohon pencerahannya.. Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mbak mintanya dicairin cash, bisa saat itu juga... tapi biasanya kalau uang pencairannya banyak, disarankan transfer ke bank saja, dan biasanya membutuhkan waktu sekitar 2 minggu. Ga lama kok mbak :)

      Delete
  11. klu sdh misah KK apakah KK yg lama hrs d lampirkan jg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya lihat, KK digunakan untuk melihat apakah nama ibu kandung sama dengan di formulir yang diisi. jadi berikan saja KK yang terbaru. Jangan lupa bawa KK yang asli :) thanks.

      Delete
  12. nice info gann..thanx :D

    ReplyDelete
  13. klo nama di kartu jamsostek beda 1 huruf gmn gan? tnks sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah satu kartu saya juga beda satu huruf dibandingkan dengan ktp.... tapi ga masalah gan, karena sepertinya kesalahan dipihak mereka ketika mencetak kartu..

      Delete
  14. kalau ingin membuat kartu jamsostek baru padahal kita sudah punya boelh nggak sih gan? kalo boleh, mohon info bagaimana cara membuatnya? terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang membuat kartu jamsostek itu perusahaan tempat kita bekerja gan... jadi bukan kita...kalo kita sudah punya kartu jamsostek dari perusahaan tersebut, tentunya ga akan dibuat yang baru lagi.
      kita punya opsi untuk membuat kartu yang baru atau melanjutkan dari kartu yang lama ketika pindah perusahaan.
      semoga membantu gan.

      Delete
  15. Kalo kartu jamsostek saya yang lama umurnya 3,5thn dan kartu yang baru 1,5thn, bisa dicairin gak yah? Terima kasih untuk infonya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. kartu yang lama masih belum bisa dicairin...nunggu 1,5 tahun lagi.

      Delete
  16. kalau saya menjadi anggota jamsostek pada bulan 05 tahun 2008,
    kapan jamsostek saya sudah bisa dicairkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bulan juni 2013 sudah bisa dicairkan, berarti bulan ini sudah bisa. Tapi sudah resign dulu ya dari perusahaan tersebut.

      Delete
  17. Kalau nama kurang 1huruf dikartu jamsostek sama surat keterangan kerjanya juga kurang 1huruf gimana gan?? jd masalah bnget gk��?

    ReplyDelete
  18. maaf mau nanya klo kartu jam jamsostek saya di buat pada bulan desember thn 2008 apa kah bisa di cair kan di bulan ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih belum bisa. harus menunggu sampai januari 2014.

      Delete
  19. Pak kantor jamsostek buka nya hari apa saja?
    senin-jumat saja atau sabtu juga buka?
    sekalian jam kerjanya (08:00-16:00??)
    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. sesuai dengan hari kerja senin sampai jumat.
      sebaiknya datang pagi saja, karena bila antrian sangat panjang, petugas bisa membatasi waktu pelayanan, jadi sekitar jam 3 sore sudah tidak bisa ambil nomor antrian lagi karena di dalam gedung masih banyak yang antri. Tapi ini tergantung situasi dan kondisi.

      Delete
  20. Ane bru inget gan klo ane pernah ikut Jamsostek di tmpt kerjaan yg lama..nah kiebetulan kartu jamsostek ane ga ada gan, ilang entah kemana
    Kira2 syarat2nya yg kudu di lakuin apa ya gan klo misal kartunya ilang? Ane jg ga inget no kartunya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo agan juga ga ingat nomor kartunya, sebaiknya tanya ke perusahaan yang dulu aja. biasanya mereka simpan tuh arsipnya. setelah itu ke kepolisian mengurus surat kartu hilang. surat itu menjadi pengganti kartu jamsostek. setelah itu baru bisa dicairkan, tapi syarat yang lain juga harus dilengkapi.

      Delete
  21. Kalo ga dapat kartu dari kantor dulu tempat bekerja dan hanya berbekal 1 rek koran saldo jamsostek setahun, bisa ga ya gan? usia rek jamsostek saya sejak 2010 ter daftar nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hubungi aja perusahaan yang lama minta kartu jamsosteknya. itu bukan ga dapat kartu, tapi belum dikasih. ga mungkin ada rek koran saldo jamsostek, tapi kartunya ga ada.

      Delete
  22. Gmn klw srt pnglmn krj hilng gan?pa bs pke srt ktrngn hilng dr kntor polisi,soalny prshaan tmpt krj dulu ga mau bkinin lg

    ReplyDelete
    Replies
    1. aneh gan kalo ada perusahaan tempat kerja dulu ga mau buat lagi. memang dah nanya belum?
      surat pengalaman kerja gw juga gw ambil setelah sekian lama keluar dari perusahaan tersebut.
      ga ada masalah gan.
      gw ga tau gan kalo surat pengalaman kerja hilang apa bisa urus di kepolisian, baru dengar tuh.

      Delete
  23. maaf ni gan,, ane masih agak bingung masalah pencarian jamsos
    di faq soal blum jelas

    ane pnya jamsos sejak sept 2010, dan saat ini ane udh keluar dr perusahaan tsb dan pindah ke perusahaan baru.. jadi jamsos ane blum berumur 5 thn.. nah jamsos tsb bisa di cairkan gak ya ?? ane si udh dpat surat ket kerja (resign) dr kntr lama..
    karena ada isu klo selama 1-2 bulan tidak ada aktivitas maka account tsb akan di banned, karena tidak memiliki pemiliki
    lalu apakah pencarian bisa di wakil kan dengan menyertakan surat kuasa ?

    sama satu lagi, ane register di web ny buat liat saldo secara onlie gak pernah bisa..gmn caranya si,,? kan ane dh pny no jamsos ny masa verifikasi alamat dll ny harus sama persis kyk yg di database jamsostek
    mohon di luruskan

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan.. saya jawab semampu saya ya...
      1. kartu agan belum bisa dicairin, kan belum berusia 5 tahun
      2. mengenai isu account di banned, saya malah belum pernah dengar
      3. pencairan bisa diwakilkan dengan menyertakan surat kuasa bermaterai rp.6000
      4. saya berhasil kok gan liat saldo dari webnya. kita memang harus mengisi data di web sama seperti ketika mendaftar jamsostek dulu.
      semoga membantu gan.

      Delete
    2. Barusan saya dapet info dari salah satu perusahaan (Kab. Semarang) untuk pengambilan JHT tidak dapat diwakilkan, apakah betul pak? Mohon jawabannya segera, karena saya akan mengambil JHT milik istri saya untuk biaya melahirkan.

      Delete
  24. Maaf mau tanya kalau cara pengecekan saldo REK jamsosteknya masuk ke web mana ya? Menu pilihan nya masuk ke mana makasih ya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan buka www.jamsostek.co.id dan lihat di sebelah kanan agak ke bawah ada menu login

      Delete
  25. Mohon penjelasan, katakanlah Saya pernah bekerja di perusahaan A, masuk kerja November 2007 (lalu mendapatkan Kartu Jamsostek yang pertama kali) dan keluar kerja Juni 2010 (lalu mendapatkan Surat Keterangan Pengalaman Bekerja dari Perusahaan A), . Setelah itu saya bekerja informal di berbagai tempat tanpa Jamsostek (Kartu Jamsostek tidak terpakai). Kemudian Juli 2012 saya kembali bekerja formal di perusahaan B, pada saat mengisi formulir keanggotaan Jamsostek saya lanjutkan keanggotaan dari kartu Jamsostek dari perusahaan A (Kartu yang pertama), dua bulan kemudian, September 2012 Saya "Kabur" karena suatu masalah, dalam arti kata Saya keluar kerja tanpa dipecat, tanpa di PHK, dan tanpa mengundurkan diri, dan tanpa Surat Keterangan Pengalaman Bekerja dari perusahaan B tentunya, sedangakan Perusahaan B tersebut telah 2 kali membayar dana Jamsostek bulan Juli dan Agustus, dan sampai sekarang Saya kembali bekerja informal lagi tanpa Jamsostek, yang menjadi pertanyaan, apakah dana Jamsostek saya bisa di cairkan hanya dengan menggunakan Kartu Jamsostek dan Surat Keterangan Pengalaman Bekerja dari perusahaan A ?

    Mohon pencerahannya, karena saat ini Saya amat sangat membutuhkan dana tersebut..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bapak harus memiliki surat pengalaman kerja dari perusahaan B untuk dapat mencairkan dana jamsostek. thanks.

      Delete
  26. Pak saya mau tanya umur kartu jamsostek saya sudah 7 tahun tepati saya masih bekerja apakah jamsostek saya bisa dicairkan???tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak bisa pak. Jamsostek bisa dicairkan bila sudah keluar dari perusahaan atau pensiun.

      Delete
  27. pak alex, saya mau tanya.
    dulu saya bekerja di jawa timur. dan sekarang saya pindah kerja di banten.
    klo saya memiliki 2 kartu jamsostek namun beda daerah ( 1 wilayah jatim yg ke 2 wilayah banten) apa ada permasalaahannya pak?

    lalu apakan pencairan dana jamsostek bisa dilakukan di daerah lain?

    terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya tidak ada masalah pak. pencairan bisa dilakukan di kantor jamsostek mana saja asal membawa segala kelengkapannya. semoga membantu pak.

      Delete
  28. Ane pernah tanya ke jamsostek Gan, soalnya kartu jamsostek istri ane udah bisa dicairin. Tapi koq ga bisa dicairin di jamsostek mana aja yah, menurut orang jamsosteknya harus dicairin di jamsostek yang alamatnya sama dengan KTP, padahal ane domisilinya udah bukan alamat yang di KTP. Trus klo mau ambil tunai harus 2 kali datangnya, pertama: serahkan persyaratan (tidak bisa diwakilkan), kedua: ambil uang cash (tdk bisa diwakilkan juga). Mohon pencerahannya Gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah cairin jamsostek tidak di area domisili ktp saya mas. ktp dan kartu keluarga saya pada saat itu domisili di medan, tapi saya mencairkan jamsostek di kantor jamsostek cilandak jakarta selatan.
      Kalo pengambilan uang tunai, biasanya karena saldonya mas banyak, mereka butuh waktu untuk nyediakannya. saran saya pakai transfer saja mas, jangan lupa bawa fotokopi buku tabungan.

      Delete
  29. oya gan, gimana kalau nama di jamsostek dan di KTP berbeda, apa bisa di cairkan....??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bantuin mas alex jawab pertanyaan,he3...setau ane kalo cuma beda 1 huruf aja sih gak apa2 mas karna kemungkinan kesalahan input dari pihak jamsosteknya, karna kan jamsostek pasti liat data dari ktp itu kan

      Delete
    2. hehehe... makasi mas dah bantuin jawab.. yang saya tau juga sama seperti yang mas jelaskan :)

      Delete
  30. saya mau tanya mas, kalau umur kartu saya belum 5 tahun (2009) akan tetapi saya sudah berhenti bekerja 2011..apakah sekarang sudah bisa dicairkan belum mas? krn kan saya sudah gak bekerja lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak bisa, aturannya sudah jelas bahwa usia kartu sudah melewati 5 tahun dan kita sudah berhenti bekerja.

      Delete
  31. saya terdaftar djamsostek bulan 12 tahun 2009 dan saya berhenti kerja di bulan agustus tahun 2012 jadi apakah saya bisa ambil dana jamsostek saya, kolu belum kapan saya bisa mengambilnya ? tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus tunggu usia kartu sampai 5 tahun mbak..

      Delete
  32. Mas kalau satu kartu jamsostek tp kita pernah pindah-pindah kerja, yang dipakai surat keterang kerja dari perusahaan terakhir sajakah?
    Thks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua surat keterangan kerja selama menggunakan jamsostek tersebut harus dilengkapi mas.

      Delete
  33. Cukup Lengkap infonya ni gan, Terimakaasih..q masih tunggu 1 tahun lagi ni, :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama gan...
      sabar aja gan, setahun ga terasa kok :)

      Delete
  34. mas mau tanya..pencairan dana jamsostek benar boleh dengan surat kuasa? soalnya saya waktu senin lalu ke kantor jamsostek dan tanya, katanya tidak bisa diwakilkan..tapi ada yg bilang boleh kok..itu bagaimana ya mas solusinya masa ga boleh walaupun dengan surat kuasa dan smua persyaratan asli..thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang saya tau mbak boleh menggunakan surat kuasa...saran saya coba saja ke kantor jamsostek yang lain.

      Delete
  35. Thanks infonya. pas banget aku lagi searching soalnya pas bulan ini 5tahun kerja dan insya allah bulan depan mau resign karena mau fokus bisnis online di rumah dan jagain anak. thanks ya

    ReplyDelete
  36. Selamat pagi pak

    Saya mau bertanya. Saya ada surat keterangan kerja tapi tidak sesuai di kartu dikarenakan saya bekerja di bawah outsourcing. Dlm kurun waktu 5 tahun saya bekerja utk 2 perusahaan tp masih outsource yg sama. Gimana tuh pak.
    Big Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti minta surat keterangan kerja dari perusahaan outsourcing tersebut. karena perusahaan outsourcing tersebutlah yang menyetorkan dana ke jamsostek.

      Delete
  37. selamat pagi pak...
    pak saya mw tanya kartu jamsostek saya hilang,sebagai ganti print out saldo bulanan jamsosotek saya bz gk?trus apa umur pencairannya harus 5th lebih 1bln?gk bz 5thn lbih 1minggu y pak...
    terimakasih infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya tidak boleh menggunakan print out.
      mengenai 5 tahun 1 bulan atau 5 tahun 1 minggu, maksud saya adalah ambil di bulan setelah 5 tahun sudah dilewati.

      Delete
  38. Gan ane mo tanya nich mengenai pengambilan uang jamsostek, untuk pengambilan uang di hitung dari tahun menjadi peserta jamsostek atau tahun pas abiz kontrak dari perusahaan :
    Contoh saya menjadi peserta jamsoster tahun 2007 trus abiz kontrak dari perusahaan 2009 yang di paki buat patokan tahun 2007 atw 2009
    Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan di atas sudah jelas gan...
      usia kartunya....
      kalo usia kartu berarti sejak awal menjadi peserta...

      Delete
  39. Pak ini udah siap2 mo Ambil dana jamsostek.. lha tapi gara2 baca klo tanggal masuk dan keluar dari perusahaan tempat kita bekerja dulu harus sesuai dengan yang tersimpan di database jamsostek. hayaaaahhhh jd keder lg.
    HRDku salah bikin tanggal keluarnya. Tp ya sudahlah secara HRDnya krg kooperatif, bsk nekad aja. Semoga lancarrr

    ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... ya saya juga bermasalah seperti itu.... yang paling penting bulan masuk dan keluarnya harus sama, karena jamsostek akan menyesuaikan dengan jumlah uang yang disetorkan oleh perusahaan apakah sama dengan lama kerja yang tertera di surat keterangan.

      Delete
  40. Dear Pak Alex yang baik hatinya,

    Saya memiliki kartu jamsostek 2 buah dari perusahaan A dan B
    umur kartu dari perusahaan A sudah 5 tahun dan sudah dicairkan JHTnya
    dan saya sudah keluar dari perusahaan A dan pindah ke perusahaan B

    Namun karena sesuatu hal 2 bulan yang lalu saya keluar dari perusahaan B dengan umur kartu jamsostek kurang lebih 3 tahun, saat ini saya belum memiliki pekerjaan, dan membutuhkan dana untuk biaya hidup, pertanyaan saya apakah bisa kartu saya itu dicairkan? mohon pencerahannya

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena kartu jamsotek dari perusahaan A sudah dicairkan, yang dari perusahaan B juga harus menunggu 5 tahun pak. Kira kira seperti itu pak.

      Delete
  41. pak alex, saya mau bertanya.
    saya pernah bekerja di PT A selama 18 bulan, dan saya kemudian resign.
    lalu melanjutkan bekerja di PT B selama kurang kurang lebih 4 tahun sampai dengan sekarang ini dengan kartu keanggotaan jamsostek yang berbeda.
    berarti apabila dijumlahkan nama dan data saya di jamsostek telah melebihi 5 tahun walaupun dengan kartu keanggotaan yg berbeda. (apa bisa diterima dengan cara perhitungan seperti itu)
    apakah saya bisa mencairkan dana jamsostek pada saat saya bekerja di PT A yang selama 18 bulan itu?

    terima kasih atas bantuannya.

    salam,

    adi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya kalau dilihat dari persyaratannya, sudah sangat jelas pak.
      usia kartu A sudah lebih dari 5 tahun dan sudah resign dari perusahaan yang terdaftar di kartu jamsostek tsb...boleh dicairkan
      usia kartu B belum lewat 5 tahun dan memang belum resign dari perusahan yg terdaftar di kartu jamsostek tsb...belum boleh dicairkan.

      Delete
  42. mo tanya nih ktp saya yg skrng tidak sama domisilinya dgn ktp yg dulu saya daftar jamsostek.kk juga skrg kk sendiri sdngkan dulu kk orang tua,bagaimana tuh gan,apa jd masalah?

    ReplyDelete
  43. muhammad sulaimanJuly 15, 2013 at 5:29 PM

    Saya mau tanya...saya daftar jamsostek di kabupaten tempat kerja saya yaitu kota A,dan sekarang mau saya pindahkan ke kota asal saya yaitu kota B..gimana apa bisa..?dan syaratnya apa saja mohon informasinya...thank

    ReplyDelete
  44. Kartu saya dicetak April 2010, jadi masih nunggu 2 tahun lagi hiks padahal lumayan kalo tahun ini bisa cair palagi mo lebaran gini :(
    Surat Keterangan Kerja hanya untuk keperluan checking saja kan Mas? Karena yang asli kan perlu untuk bukti/dokumentasi pribadi kita kalo udah pernah kerja (kalo pengen ngelamar kerja lagi) sementara perusahaan cuman bisa cetak yang asli sekali...

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar mbak.. yang asli hanya untuk keperluan checking saja.. jangan terlalu dipikirkan menunggunya mbak :)

      Delete
  45. pak alex ..sy dulu kerj 2 th di pt a th 2007 dikasih kartu jamsostek.th 2008 kluar.terus msk pt b .kartu diamalgamasi 4 th sy disitu.kmdian pdh pt c tapi segrup dg pt b.hr ini sy trima info saldo jht per peb.pertanyan. 1.kartu udh 5 TH udh blh diambil meski msb aktip kerja di pt c? kok dulu krj di pt a gaji cm separo nya di pt b tp saldol lbh besar? apkh salah hitung? gmn ngeceknya! trim.some one

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya sudah saya jelaskan di artikel diatas mas.. :)

      Delete
  46. gan..mo tanya klo ktp asli hilang tp ada fotocopy ny..apa bisa menggunakan sim atw identitas lain nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya sim bisa gan.. dicoba aja...

      Delete
  47. Pa allex ijin bertanya.....
    Saya sampai sekarang sudah bekerja di 4 perusahaan dengan 2 Kartu jamsoskek,

    1. Kepesertaan Jamsostek Perusahaan A terdaftar di bulan Mei 2009 dan saya
    resign Febuari 2011,
    Kartu Jamsostek ke-1 ini dilanjutkan di Perusahaan B, sampai Februari 2011
    sebelum saya di mutasi ke Perusahaan C pada Febuari 2012,

    2. Diperusahaan C saya dibuatkan kartu Jamsostek ke-2 sampai dengan Bulan
    Febuari 2013 Saya Resign kemudian Bergabung dengan Perusahaan D
    sampai sekarang,

    Pertanyaan saya :
    1. Apakah kedua kartu jamsostek tersebut bisa digabungkan...??
    2. Kalo bisa digabungkan apakah saya tetap bisa mencairkan walaupun belum resign di perusahaan D..?
    3. Kalau tidak bisa kapan saya bisa mencairkan kartu jamsostek yang pertma..??
    3.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya sudah saya jelaskan di artikel diatas mas.. :)

      Delete
  48. Infonya sangat bermanfaat... Kebetulan saya mau mencairkan dana jamsostek.

    ReplyDelete
  49. klu g da kk ny gmn pak cz ngikut ma sodara v' udh pndh ikt suaminy pulkam!! Jd bingung mslh kk, klu ngmbl d kmpung kr2 bs g pak! trmksh pak alex d tggu commentny

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting kk asli dibawa gan... mau ikut mana ya mereka ga ambil pusing, yang penting asli dan dibawa copy nya.

      Delete
  50. mas saya mau tanya, klo kartu jamsosnya hilang trus surat packlaring dri perusahaan hilang juga, apa masih bisa diurus

    ReplyDelete
    Replies
    1. urus dulu kehilangannya..
      tanyakan ke perusahaan lama nomor jamsosteknya, mungkin mereka masi simpan, terus ke kepolisian urus surat kehilangan..
      kalau paklaring hilang, ya ke perusahaan yang lama lagi minta dibuatkan lagi.

      Delete
  51. jika tidak pake kartu keluarga apa bisa di cairkan atau tidak..???

    ReplyDelete
  52. Mas, saya mau tanya misalnya saya gk bisa urus sendiri pencairan dana jamsosteknya. Apakah bisa dibuatkan surat kuasa ke orang tua saya untuk pencairan dananya? Thx..

    ReplyDelete
  53. Mantap info nya pa' Alex
    Bermanfaat bangett ...

    ReplyDelete
  54. Mas Alex, Sebelumnya saya pernah mencairkan Jamsostek di perusahaan sebelumnya karena sudah lebih 5 tahun+resign dari tempat tsb. Skr saya ada ikut Jamsostek ( 2thn ) namun sudah resign lagi. Saya ingin mencairkan? harap pencerahannya, Thx.

    Salam,
    Ghaisan

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena yang pertama sudah dicairkan, berarti kartu yang kedua harus nunggu sampai umur kartunya 5 tahun juga..

      Delete
  55. maaf pa mau nanya, klo smua persyaratan lengkap kcuali "surat paklaring", solusi'y gmn ya pa? soal'y "surat paklaring" saya gak ada alias gak dikasih sama pihak perusahaan.. dr pihak perusahaan emang gak ngasih gt pa.. thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. minta saja ke perusahaan anda. Itu hak anda.

      Delete
  56. Met pagi pak, saya mau bertanya apakah dana jamsostek bisa langsung diproses ketika masa kontrak berakhir atau saya harus menunggu selama 1 atau 3 bulan dulu? Masa kerja saya habis per 31 Juli tahun ini dan keanggotaan Jamsostek saya dari tahun 2007, apakah saya bisa langsung mengurus proses dana jamsosteknya jika semua persyaratan sudah lengkap? Mohon infonya yah pak karena saya sudah mencoba menghubungi call centre jamsostek tp tidak bisa terhubungi, trima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seharusnya bisa pak, yang penting syaratnya lengkap.

      Delete
  57. kalo kk yg asli gk ada tpi ada foto copy nya bisa gak?

    ReplyDelete
  58. pake kk yg lama bisa gk soalnya yg baru belum bikin?

    ReplyDelete
  59. Saya ingin mencairkan dana, memangnya harus pakai kk ya ? Kalau hanya surat referensi dan ktp aja gak bisa ?

    Saya sudah keluar dari perusahaan yang lama tahun 2012 tapi saya mulai kerja diperusahaan tsb tahun 2010. Apakah bisa dicairkan ?

    Mohon infonya

    ReplyDelete
  60. gan,.,.dulu saya kerja selama 2,5 tahun belum dapat kartu jamsostek,.,namun teman2 udah pada mencairkan dananya,.,.boleh gak hanya pakai surat pengalaman kerja aja mencairkanya?????

    ReplyDelete
  61. Numpang tanya nich masbro,,saya dah ikut JAMSOSTEK dari tahun 2008 kira2 dah bisa cair gak ya ?
    and saya ada probelm dikit mengenai nana atau marga yg tercetak di identitas resmi sy itu berbeda,,
    yg KTP itu Simangungsong tp yg kartu JHT sy simangunsong,,,kira2 bakal rumit gak ngurusnya,,,,
    Thanks sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal lihat bulan berapa bro, kalau dah lewat 5 tahun pas, dah bisa dicairin...
      mengenai beda nama, yang salah berarti jamsosteknya kan? karena waktu mencetak kan harusnya mengacu ke ktp... berarti ini harusnya ga jadi masalah...
      karena saya juga mengalami hal yang sama, beda satu huruf antara ktp dan kartu jamsostek, tapi tidak dipermasalahkan.

      Delete
    2. makasih atas penceraharahanya masbro,saya jadi tenang sekarang,,,hehehe

      Delete
  62. bisa ga pencairan jamsostek di wakilkan oleh istri dengan surat kuasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh pake surat kuasa bermaterai rp.6.000,-

      Delete
  63. kalau tanda tangan di KTP tidak sama dengan tanda tangan di Kartu jamsosteknya gimana pak?

    ReplyDelete
  64. Untuk pencairan dananya dapat di proses di kantor cabang mana aja yaa mas ? dulu saya kerja di jakarta timur sekarang di depok. mohon info ya mas.

    ReplyDelete
  65. Saya mw tanya mas.. saya terdaftar bulan agustus 2008, kebetulan saat ini saya sedang sangat butuh, kalau skrg saya cairkan sudah bisa belum mas?
    Terima kasih infonya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah dana jamsostek bisa d cairkn msalahnya pngalaman krja blm pgang dn prusahan tmpt brkrja tutup mndadak d krnakan pimpinanya/bosnya kabur gmana.........

      Delete
  66. Mau tanya, saya Ikut jamsostek di Perusahaan A tahun Mei Tahun 2008, sebulan kemudian saya pindah ke Perusahaan B, 3 tahun kemudian saya pindah ke perusahaan C. perusahan B dan C masih meneruskan kartu jamsostek saya dari perusahan A. pertanyaan nya apakah saya bisa mencairakan dana jamsostek sedangkan saya masih aktif di perusahaan C

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum bisa dong mas.. berarti kartu jamsosteknya masih aktif.

      Delete
  67. minta info klo kartu jamsostek nya hilang apa masih bisa pencairan ya pak?

    ReplyDelete
  68. mas, saya mau tanya saya sebelumnya bekerja di perusahaan a, kemudian pindah ke perusahaan b, saya tdk dpt surat keterangan bekerja dari perusahaan a, hnya ada dari perusahaan b saja.apakah untuk pencairan jamsostek hrs ada surat keterangan bekerja dari perusahaan a juga?kalo tdk ada apa bisa tetap dicairkan? trm ksh

    ReplyDelete
  69. Pak Alex.. Saya mau tanya.. Thn 2003 saya bekerja di PT.A dgn nama bklg di KTP : Taura.. Jd nama blkg jamsostek nya jg Taura... Lalu thn 2007 sy resign..

    Skrg nama blkg KTP sy sdh berganti jd : Tautra.. Nah stelah sy cari2 kartu Jamsostek sy hlg.. :(

    Apa sy msh bs cairkan jamsostek sy?
    Mohon bantuannya Pak.. Thanks..

    ReplyDelete
  70. Gan, perubahan dari Jamsostek menjadi BPJS apakah akan berpengaruh dalam mencairkan dananya.

    Karena usia kartu Jamsostek sya genap berusia 5 tahun pada mei 2014. sedangkan januari Jamsostek sudah berubah menjadi BPJS.

    Bagaimanakah nasib saldo Jamsosteknya??????
    MOhon pencerahannya Gan.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga kurang tau pasti gan apa efeknya setelah adanya BPJS. Tapi seharusnya saldo kita tetap aman.

      Delete
  71. Gan, tanya dong.

    di dalam laporan jamsostek saya alamatnya masih alamat lama, sekarang sesudah menikah alamatnya berbeda dengan Ktp apakah bisa di cairkan jamsostek saya gan ?

    mohon infonya

    ReplyDelete
  72. selamat malam pa ALEX....
    ma'f mu tanya.. saya mau cairin jamsostek tapi ada kendala di tanggal lahir yg terdaftar di jamsostek tgl 15 september .sedangkan sekarang saya sudah pindah penduduk tanggal lhr d ktp jdi 5 september.. bermasalah gak pa...? mohon infonya.

    ReplyDelete
  73. Pak Alex, Saya Punya 4 kartu jamsostek.Kartu yg pertama sudah 6 tahun, yang jadi pertanyaan. Saya mau mencairin kartu Jamsostek saya apakah bisa? jika saat ini saya Masih bekerja dan perusahaan tempat saya bekerja skrg terdaftar sbg peserta jamsostek.
    Terus kalo bisa apakah kita harus mengisi Formulir Pernyataan Tidak sedang bekerja di perusahaan lain yg terdaftar di Jamsostek (bermaterai). *)==> (dr sumber di internet).?? Mohon pencerahanya.Trm Ksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksud bapak/ibu kartu jamsostek yang umurnya sudah 6 tahun itu masih aktif kepesertaannya? kalau iya, seharusnya itu belum bisa dicairkan.
      kalau memang ada yang berhasil mencairkan dengan cara membuat formulir pernyataan seperti yang bapak/ibu katakan diatas, saya juga kurang tau ya. karena tentunya pihak jamsostek akan mengecek dari database mereka bahwa di status kartu tersebut, pihak perusahaan masih terus memberikan iuran bulanan.

      Delete
    2. maaf pak mw tanya,di kk sya bda 1 huruf sja pada pengetikan nama sya,itu gimna pak???

      Delete
  74. pak mau tanya untuk surat pengalaman kerja yang hilang. itu pengurusan nya bagaimana ya ? sedangkan kantor saya tempat bekerja itu sudah tutup atau tidak beroperasi lagi. (terima kasih atas jawabannya)

    ReplyDelete
  75. Saya 2 tahun kira kira dapat brp...agan sendri dapat brp...

    ReplyDelete
  76. sy mau cairin dana jamsostek,syaratx sdh lengkap kcuali kartu jamsostek sy yg asli hilang stelah d fotocopy.apa tetap harus da surat kehilangan dr polisi mas???
    Satu lg kartu sy ada 2,yg 1 usia udh 6 thun,yg 2 udh 3thun,bs skalian d cairkan kn mas,sy udh brenti krj soale..infox mas mkasi

    ReplyDelete
  77. mas, saya mau tanya saya sebelumnya bekerja di perusahaan a, kemudian pindah ke perusahaan b, saya tdk dpt surat keterangan bekerja dari perusahaan a, hnya ada dari perusahaan b saja.apakah untuk pencairan jamsostek hrs ada surat keterangan bekerja dari perusahaan a juga?kalo tdk ada apa bisa tetap dicairkan? trm ksh

    ReplyDelete
  78. Mas, saya kerja di tiga perusahaan, tapi kartu jamsostek saya cuma 1, jadi tiap ganti perusahaan saya melanjutkan jamsostek yang sudah ada, apa itu bisa jadi masalah ?

    ReplyDelete
  79. masa kerja saya belum mencapai 5 TAHUN
    Tetapi kepemilikan kartu jamsostek saya sudah 5 tahun
    apa bisa di cairkan?

    ReplyDelete
  80. Saya mau nanya,nama saya di KTP berbeda dgn di packlaring dan kartu jamsostek.jd di KTP dan di KK itu ga ãđǎ nama kepanjangan saya.dulu saya pernah complain sm personalia di perusahaan saya bekerja dr selalu lupa diurusin.kl masalah itu bagaimana??

    ReplyDelete
  81. Mw tnyya nihh mas . Blan ini kan aq mw cairin dana jmsostek . Klo almat ktp dan kk berbeda dg almt yg didata jmsostek mslah ga ya

    ReplyDelete
  82. Wawan Hermawan 11,2013 : Mau tanya nih,diperusahaan tempat saya bekerja ada ketentuan usia 55 tahun karyawan otomatis dipensiunkan,dan saya sudah mancapai usia tersebut pada tanggal 20 juni 2012 saya pensiun dan dana jamsosteknyapun sudah saya cairkan,tapi pada tanggal 1 agustus 2012 saya dipekerjakan kembali oleh perusahaan dengan sistim kontrak selama 1 tahun dan diikut sertakan lagi jamsostek dan pada 1 agustus 2013 masa kontrak saya selesai,apakah uang jamsostek saya bisa dicairkan,kalau tidak kapan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk kartu jamsostek yang baru (tahun 2012) seharusnya bisa langsung dicairkan pak, karena sudah memasuki usia pensiun...

      Delete
  83. Thanks Info nya
    Kalau kartu jamsostek saya tertera masa pendaftaran 10/2008 kapan saya bisa mencairkan ?
    Dan semua data lengkap kecuali KTP hilang namun ada surat kepolisian dan fotocopy KTP apakah bisa di proses ?

    Mohon info

    Terima kasih

    salam

    ReplyDelete
  84. mas mohon info untuk cek saldo lewat web, kok saya gagal login terus ya. data tidak cocok gitu, kan yang ngisi waktu itu perusahaan jadi saya gak tau mana yang bener :(
    user id itu kita sendiri bukan ya?

    ReplyDelete
  85. infonya sangat membantu ini pa alex...
    cukup lengkap pula, jangan jngan ini pak alex pegawai jamsostek ya? hehe "just kidding"

    masih nunggu 2 tahun lagi ini.. hadeh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.. saya bukan pegawai jamsostek mas.. hanya sharing pengalaman saja...

      Delete
  86. gan, kalo kartu jamsostek nya hilang masih bisa di ambil ga ya? padahal kartu saya sudah melewati batas 5 tahun. sekarang saya cuma punya selembaran bukti pengecekan saldo jamsostek saja. itu saya dapat waktu saya masih bekerja d perusahaan. mohon infonya,,, trims/

    ReplyDelete
  87. siang Mas. maaf mohon info; '' ini Istri saya peserta Jamsostek dan mengundurkan diri sudah dari tahun 2001, sedang kartu, bukti Jamsostek, Hlang semua, Perusahaan tempat kerja juga sudah tutup. dan ini kita cuma ada Parklaring aja, ini gimana harus melangkahnya /.. mksh sebelumnya..

    ReplyDelete
  88. mau tanya nih. suami saya kerja pada PT.A sejak 2002 dan berhenti pada akhir 2007.pada saat itu kami mendapatkan pencairan dana dari jamsostek, saya tidak ingat persis programnya apa. apakah itu yang dinamakan JHT? atau kami masih memiliki kesempatan untuk mendapatkan pencairan dana JHT saat ini?dan berapa nilainya? kemudian baru-baru ini kami dapat info katanya ada pencairan dana jamsosek setelah usia 35 tahun, apakah ini yang dimaksud dengan JHT atau tidak? thanks ya pak untuk masukannya....

    ReplyDelete
  89. mas saya mau tanya, kalau kita sudah reasign dari perusahaan, langsung minta referensinya itu pada saat keluar kerja atau pada saat mau ambil jamsostek? soalnya perusahaan saya ini ga mau sama sekali kluarin surat referensi.... saya sudah minta berkali-kali tapi tetap ga mauu tuuh hrdnya. hadehhhhh....... saya jadi pusing.

    ReplyDelete
  90. mas kalau saya pindah keperusahaan baru dan jamsostek saya dilanjutkan dari perusahaan yang pertama. pada saat mencairkannya harus ada surat keterangan dari perusahaan yang pertama juga atau boleh pakai surat referensi dari perusahaan ke 2 saja mas?
    thanks mass sebelumnya buat jawabannya

    ReplyDelete
  91. pk alex ane mau nanya. . ane kan sudah tidak bekerja diperusahaan hampir 3thn?. tapi gimana caranya ane biar tau saldo yang ada dijamsostek ane, saat ini?.
    thanks

    ReplyDelete
  92. pak alex saya mau tanya, kalau saya bekerja di PT. A dari tahun 2008-2009,, , lalu saya masuk lagi tahun 2011-2012,,, tapi saya tidak minta surat prakerin yang pertama, apa bisa pakai prakerin yang ke2 saja. Terimakasih

    ReplyDelete
  93. Buat anda yang resign kurang dari 4,5 tahun dari tgl.join yg tertera di kartu Jamsostek, anda cukup menunggu hingga genap 5 tahun masa kepesertaan. Tidak perlu ditambah masa tunggu 1 bulan.

    Ada yg menginfokan seperti itu .. apa benar ?

    ReplyDelete
  94. Mas mau tanya ni ,

    kalo Misalkan saya kerja di perusahaan tersebut sudah 5 taun dan kartu jamsostek juga sudah 5 tahun , tapi kita masih kerja di tempat tersebut , kita masih bisa ajukan pencairan tidak ya ?
    apa kita harus resign dulu ?

    Terima kasih

    ReplyDelete
  95. saya ingin tanya ???
    jamsostek saya sudah berumur 5 tahun tapi saya ingin mencairkannya yang saya ingin tanyakan apakah kantor jamsostek buka di hari sabtu,sebab saya libur kerja di hari sabtu n minggu jadi di hari biasa seperti senin - jum'at saya tidak bisa,karena waktunya kam kerja

    ReplyDelete
    Replies
    1. n kartu jamsosteknya itu dari perusahaan yang lain n bkan perusahaan yg baru saya kerja sekarang

      Delete
  96. permisi mas,, mau tanya di sumber lain kan ada yg bilang ada materai juga itu benar tidak???klo benar materai yg brapa rupiah ya??

    ReplyDelete
  97. Mas Untuk tahun 2014 kan BPJS dah berlaku , nah untuk saldo jamsostek itu masih bisa di cairkan gak???

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  98. saya juga kurang tau prosedur nantinya setelah bpjs aktif..

    ReplyDelete
  99. Bpk yth. Sy ex kary.bank bumn d sby yg sdh resign awal agustus 2013 masa kerja 10 th, oleh HR saya smua kelengkapan dokumen sdh dikirim ke jamsostek gatot subroto jkt pd 16 agustus 2013, tp knp sampai skrg dana blm cair?? pdhl sdh 2 bln. Mohon solusi. Tksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba telpon saja pak... pada saat pengurusan pencairan kan ada diberikan bukti formulir pencairan untuk pegangan kita.

      Delete
  100. mf gan mau nanya klau no ktp bda satu angka ma ktp dulu yg udh abis kira2 jd masalah ga ya..?????????

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok bisa gan? tapi selama ktpnya emang asli punya agan, ya ga masalah.

      Delete
  101. Pak alex, mau nanya skrng kan ktp berubah jd e-ktp dan no. Ktp jg ikut berubah? Apa nanti wktu pencairan dana jamsos bermasalah? Tqyu

    ReplyDelete
  102. Pak,
    1. karyawan outsourching dg kepesertaan lbh dr 5 thn, saat ini msh bekrj dan akan habis kontrak november 2013 dan kemungkinan akan diperpanjang apakah bisa cairkan dg menggunakan surat ketr kontrak
    2. Apakah pencairannya bisa kolektif dg menunjuk spsi sbg kuasa

    ReplyDelete
  103. pak, istri saya dulu kerja sebelum abis kontrak istri saya keluar tanpa pemberitahuan ke perusahaan... trus sekarang niat mau mencairkan JHT minta surat pengalaman kerja di perusahaan di persulit trus gmna solusinya... apakah msl pke surat pengalaman kerja palsu berbahaya?mohon percerahanya krna saldo cukup lumayan klo g di ambil....

    ReplyDelete
  104. Siang pak,
    Yg mau sy tanyakan, setelah resign dr suatu perusahaan, apakah dana JHT bisa langsung dicairkan atau ada jeda waktu dari tanggal resign utk pencairan dana JHT tsb?

    ReplyDelete
  105. sry gan mau tny, klo KK aslinya hilang, cm ada fotocopynya sj, bs ga yha?

    ReplyDelete
  106. Siang pak alex, salam kenal. Maaf mau nanya nih, kemarin saya sempat k kantor jamsostek cbang bogor, tp kata petugasnya tidak bisa dicairkan karena datanya tidak terdaftar d bogor, apabila mau nyairin harus ada srt domisili pindah dr kelurahan. Smentara sya d bogor hanya sementara, saya sendiri awalnya bekerja d cikarang. Baiknya mengurus dikantor cabang mna ya pak ? Semua data ktp sm jamsostek sdh sama.. Baiknya saya ngurus d kantor mana ya pak ?? Terimakasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tempat yang paling bagusnya pak di kantor cabang jamsostek dimana perusahaan tempat bapak bekerja menjadi anggotanya.

      Delete
  107. Salam kenal pak alex,
    Need info.. sy baru saja resign per 31 okt 2013 setelah kerja 8 tahun, kartu jamsostek sy sudah berumur 7 tahun lebih, apakah di awal nov 2013 sudah bisa dicairkan dana sy? Kebetulan surat keterangan kerja sudah di tangan sy..
    Yg kedua sy pernah kerja di perusahaan pada tahun 2002, kurang lebih setahun, namun kartu jamsostek sy hilang dan sy tidak dapat surat keterangan kerja. Masalahnya utk mengurus aurat keterangan kerja perusahaan tersebut sudah tutup/bangkrut, sy harus bagaimana? Mohon pencerahan krn rencananya sy mau cairkan berbarengan dana jamsostek nya..
    Thx :) andre

    ReplyDelete
  108. Saya sudah resign dr 2 th yg lalu.. tetapi surat resign dr perusahaan ilang.. bs ga dicairkan tanpa surat resign..

    ReplyDelete
  109. Mass saya mau tanya.....saya dulu ikut jamsostek tahun 2006.. trus resign tahun 2008..tahun 2009 saya masuk lagi sambung jamsostek saya...karna 1 cabang dengan perusahaan lama...skrg 20013 saya resign lagi..apakah harus minta surat pengalaman kerja saya yg sampai tahun 2008 jg ya...

    ReplyDelete
  110. Nice post. Ohh iya Bg. Alex saya pengen nanya klo misalkan KTP JKT yg digunakan pada saat mendaftarkan diri menjadi peserta jamsostek. Apakah saya bisa cairkan dana Jamsosteknya di kota lain atau harus di Jkt??

    ReplyDelete
  111. mas bro , masa kerja dah 5 thn dan saya mau ngecairin duit jamsostek ( lagi butuh ,,, hehe ) bisa kan ya dan syarat2.a sama aja kan

    ReplyDelete
  112. mas saya mau tanya dlu kan saya ngisi nama ibu saya di fomulir jamsostek beda dengan yang di KK .....apa bsa tuh jamsosteknya di cairkan

    ReplyDelete
  113. saya ikut serta jamsostek bulan 10 tahun 2009.. apakah saat ini bisa dicairkan jamsostek saya mas? mohon infonya.. terimakasih

    ReplyDelete
  114. Mau tanya pak....tempo hari sy prnh mengurus sendiri mengambil jamsostek tp ada kendala di ktp sy dlu...nama ktp sy yg dulu di ikuti nama bin bapak saya .dan ktp yg baru sekarang nama saya saja dan tdk ada nama bin bapak saya..jd dr pihak jamsostek minta nama sesuai kartu...mohon solusinya...thank's dan sukses selalu.

    ReplyDelete
  115. malam om....mau menanyakan kalau kartu jamsostek saya hilang itu bagaimana ya gan...tp struk laporan terakhir masih ada, apakah bisa di proses ya om...berhubung sudah 5thn lebih masa keikut sertaan saya..terima kasih

    ReplyDelete
  116. Mas, saya mau Tanya kalau kits cairin jamsostek berbeda dengan Kota asal kerja, bisa tidak? Misal kerja di Bandung, cairin jamsostek di Jakarta. Mksh.

    ReplyDelete
  117. horas lae... saya mau tanya..bisakah hanya menggunakan KK fotocopy yang telah di legalisir..soalnya KK asli ada di kampung di medan sana..domisili saya sekarang di bekasi

    ReplyDelete
  118. gan saya mau tanya gimana cara pengurusan pengambilan jamsostek setelah berganti jadi BPJS....
    ditunggu ya gan jawabanyya
    thanks.....

    ReplyDelete
  119. Gan,ane hanya mau tanya,gimana kalau kita sudah mengundurkan diri dari perusahaan tempat saya bekerja akan tetapi usia kartu kamsostek ane belum berumur 5 tahun. Apakah ane masih bisa terima dana tersebut???? Mohon informasinya.

    ReplyDelete
  120. gan sy mau tanya klo sy pnya jam sostek tp kartu jam sostek hilang.lalu sy minta arsip jamsostek sy ketempat perusahaan sy tp td ada. apa bs dicairkan jamsosteknya?caranya bagaimana ya....

    ReplyDelete
  121. Pak saya mau tanya, istri saya kartu jamsostek ktp kk semuanya hilang ada yang maling.no kartunya pun lupa mau minta ke prusahaan udah tutup bangkrut prusahaan itu..pertanyaan saya bisa di cairkan gk? Yg sya tkutkan tkut di salah gunakan sama orang yang maling itu..trimakasih

    ReplyDelete